[SALAH] Tidak Ada Autisme Sebelum Vaksin Bill Gates Masuk Vietnam

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada hubungan antara vaksinasi dan autisme, selain itu Profesor dari Vietnam National University menyebut bahwa tidak ada statistik nasional secara resmi mengenai peningkatan autisme. Hoax terkait vaksin menyebabkan autisme sudah lama beredar di media sosial. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://ghostarchive.org/iarchive/instagram/mosestabi/3122935881618509851

= = =

Narasi:

“OMG 😱 LISTEN. THEY HAVE BEEN NO AUTISM IN VIETNAM UNTIL BILL GATES SHOWED UP WITH VACCINES.”

“NO AUTISME IN VIETNAM BEFOR BILL GATES”

Terjemahan:

“OMG 😱 DENGARKAN. TIDAK ADA AUTISME DI VIETNAM SAMPAI BILL GATES MUNCUL DENGAN VAKSIN.”

“TIDAK ADA AUTISME DI VIETNAM SEBELUM BILL GATES”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Instagram menunjukkan seorang pria yang mengklaim bahwa sekarang autisme di Vietnam meningkat hingga 300 persen, ia juga menyebut bahwa tidak ada autisme pada tahun 1975, 2000, dan 2001. Narasi dalam video dan caption menyebut bahwa Bill Gates yang menyebabkan lonjakan kasus autisme tersebut.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya psikiater dari Rumah Sakit Anak Nasional Vietnam, Quyet Minh Nguyen, menyebut bahwa tidak ada hubungan antara vaksinasi dan autisme, baik di Vietnam maupun di negara lain. Nguyen mengatakan bahwa klaim tersebut tidak terbukti secara ilmiah.

Melalui AFP, profesor dari Universitas Nasional Vietnam, Cong Tran, mengatakan bahwa tidak ada statistik nasional secara resmi mengenai tingkat Autism Spectrum Disorder (ASD). Tran telah mempelajari autisme selama 20 tahun, serta membantah klaim dalam video bahwa peningkatan autisme sejak vaksin Bill Gates masuk hingga 300 persen dan klaim pada tahun 2000 tidak ada kasus autisme di Vietnam.

Dengan demikian, tidak ada autisme sebelum vaksin Bill Gates masuk Vietnam adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33PX7TD

===