[SALAH] Rusia Mengebom Kapal Kargo Milik Inggris di Pelabuhan Militer Odessa, Ukraina

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ditemukan sumber valid terkait serangan kapal kargo milik Inggris di pelabuhan Odessa, foto-foto yang dijadikan bukti pengeboman kapal kargo Inggris oleh Rusia tersebut adalah foto yang berada di Libya dan Indonesia yang tidak berkaitan dengan kejadian serangan oleh Rusia di pelabuhan Odessa, Ukraina. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Media Online

https://archive.ph/3smwB

= = =

Narasi:

“Rusia mengebom kapal kargo Inggris di pelabuhan militer Odessa, mengklaim bahwa itu adalah ‘pemboman yang tidak disengaja’”

“Pada pagi hari tanggal 16 Juli, Pasukan Udara Rusia melancarkan serangan terhadap depot senjata di pelabuhan militer Odessa di Ukraina. Sayangnya, semua serangan tidak mencapai sasaran dan akhirnya mengenai dua kapal barang Inggris yang berjarak lima kilometer dari gudang senjata. Pihak Inggris mengatakan bahwa kedua kapal kargo itu memuat “pupuk”. Rusia mengatakan serangan terhadap kapal barang Inggris adalah “serangan yang tidak disengaja.” Percayakah Anda serangan yang tidak disengaja dari jarak 5 kilometer?”

= = =

Penjelasan:

Beredar beberapa foto yang diklaim merupakan akibat dari serangan Rusia di pelabuhan Odessa, Ukraina. Diketahui Rusia menyerang pelabuhan Odessa pada Juli 2023.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya tidak ada sumber pemberitaan yang valid terkait serangan Rusia kepada kapal kargo milik Inggris pada Juli 2023. Mengutip dari cnbcindonesia.com, Rusia menyerang pelabuhan Odesa yang menjadi hub ekspor gandum Ukraina setelah menarik diri dari perjanjian ekspor gandum pada 17 Juli 2023.

Foto-foto yang digunakan dalam unggahan tersebut tidak ada kaitannya dengan serangan tersebut. Foto pertama adalah kejadian pada serangan Tentara Nasional Libya terhadap kapal kargo yang membawa amunisi dan senjata yang datang dari Turki di pelabuhan Tripoli di pantai barat laut Libya pada Februari 2020. Sedangkan foto selanjutnya adalah foto kebakaran kapal nelayan yang terjadi di pelabuhan Muara Baru, Jakarta, yang dipublikasi oleh Antara News pada Februari 2019.

Dengan demikian, video tabrakan kendaraan listrik mengakibatkan ledakan besar adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20230718193120-8-455498/video-rusia-serang-pelabuhan-odesa-ukraina

https://english.alarabiya.net/News/north-africa/2020/02/18/Libyan-Army-targets-Turkish-ship-carrying-weapons-in-Tripoli-port

https://www.antarafoto.com/view/887353/kebakaran-kapal-di-pelabuhan-muara-baru

===