[SALAH] “JUTAAN WARGA JADI SAKSI, PRAB0W0 JANJIKAN 2 HAL BESAR INI JIKA TERPILIH”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya pidato pada awal video tersebut merupakan cuplikan pidato Prabowo Subianto tentang bicara gagasan pada acara Mata Najwa on Stage Yogyakarta.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1695747918.133299/index.html

=====

[NARASI]: MENGGELEGAR !! JUTAAN WARGA JADI SAKSI, PR4B0W0 JANJIKAN 2 HAL BESAR INI JIKA TERPILIH || TERKINI

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube POLITIK INDONESIA memposting video berdurasi  8 menit dengan judul “JUTAAN WARGA JADI SAKSI, PR4B0W0 JANJIKAN 2 HAL BESAR INI JIKA TERPILIH”.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan ratusan ribu warga Jakarta padati kampanye Anies Sandi putaran akhir pada 05 Febuari 2017. Bukan foto Prabowo Subianto yang sedang berpidato.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari tempo.co dengan judul artikel “Peran Pensiunan Jendral Pendukung Prabowo Subianto”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Prabowo Subianto yang sedang berpidato, video tersebut identik dengan video yang diunggah kanal Youtube Najwa Shihab, pidato pada awal video tersebut merupakan cuplikan pidato Prabowo Subianto tentang bicara gagasan pada acara Mata Najwa on Stage Yogyakarta.

Dengan demikian, klaim tentang pidato Prabowo Subianto dan janjikan 2 hal besar jika terpilih menjadi presiden adalah salah dan masuk kategori knten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://pks.id/video/pecah-ratusan-ribu-warga-jakarta-padati-kampanye-anies-sandi-putaran-akhir
https://majalah.tempo.co/read/laporan-utama/169785/pensiunan-jenderal-prabowo-subianto
https://www.youtube.com/watch?v=V4W5Nokc7MU