[SALAH] “Prabowo Subianto Resmi tetapkan Ganjar Pranowo jadi Cawapres”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Prabowo Subianto Resmi tetapkan Ganjar Pranowo jadi Cawapres.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1695748503.620681/index.html

=====

[NARASI]: PRABOWO RESMI TETAPKAN GANJAR !! ANIES-PALOH DAN PENGUSUNGNYA KERINGAT DINGIN KARNA INI…

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Youtube dengan nama channel AKTUAL unggahan video tersebut bernarasi bahwa Prabowo Subianto Resmi tetapkan Ganjar Pranowo jadi Cawapres.

Namun gambar pratinjau tersebut dapat dipastikan merupakan hasil suntingan. Pada gambar memperlihatkan sosok Prabowo, Ganjar dan Megawati akan tetapi foto Ganjar dan Megawati yang nampak cerah dan tidak rata membuat gambar tidak realistis karena pencahayaan yang berbeda.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari m.jpnn.com berjudul “Elektabilitas Ganjar Moncer di Jatim Setelah Deklarasi AMIN, Prabowo Turun”.

Bedasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Prabowo Subianto Resmi tetapkan Ganjar Pranowo jadi Cawapres adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=====

[REFRENSI]:
https://foto.bisnis.com/view/20190409/909788/kampanye-di-palembang-prabowo-subianto-menerima-sumbangan-uang
https://m.jpnn.com/news/elektabilitas-ganjar-moncer-di-jatim-setelah-deklarasi-amin-prabowo-turun
https://visual.republika.co.id/berita/inpicture/nasional-inpicture/19/04/09/ppp2dz283-kampanye-terbuka-prabowo-di-palembang