[SALAH] “Segelas Rebusan Air Tanaman Herbal Ciplukan Bisa Hilangkan Nikotin dalam Tubuh”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, klaim segelas tanaman herbal Ciplukan bisa hilangkan nikotin dalam tubuh adalah belum ada bukti.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1695870093.49169/index.html

=====

[NARASI]: Kalian yg per0k0k Harus Tahu, apalagi per0k0k berat, rebusan tanaman ini hilangkan n1kot1n dalam tubuh lhocaranya :
1. Ambil satu pohon ini yang sedang dan sudah mulai berbuah, cabut hingga ke akar-akarnya2. Cuci bersih
3. Panaskan air dengan api sedang dan masukkan tanaman ini5. Jika merebus 4 gelas air, maka tak perlu ditunggu sampe airnya berkurang. Jika sudah mendidih dan airnya mateng, bisa dimatikan kompornya
6. Minum satu gelas air rebusan itu 3 kali semingguTanamannya bisa di cek disini ya https://shope.ee/9zVNx6jhxo

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Mama Cerdas” membagikan tips pengobatan untuk menghilangkan nikotin dalam tubuh dengan meminum satu botol tanaman herbal ciplukan yang sudah direbus.

Melansir dari tempo.co Prof. Dr.dr. Umar Zein, peneliti bahan tanaman asli Indonesia, mengatakan satu jenis bahan herbal untuk keperluan pengobatan, harus melalui tahap-tahap penelitian, termasuk sampai uji coba pada hewan. Sehingga tanaman tersebut belum bisa dijadikan rujukan untuk menghilangkan nikotin dalam tubuh.

Ada beberapa cara hilangkan nikotin di dalam tubuh dengan alami seperti mencukupi kebutuhan mineral, konsumsi sayuran hijau, rajin olahraga, konsumsi makanan mengandung selenium, konsumsi wortel, konsumsi teh hijau, konsumsi buah-buahan.

Dengan demikian, klaim segelas tanaman herbal Ciplukan bisa hilangkan nikotin dalam tubuh adalah belum ada bukti yang kredibel.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2473/belum-ada-bukti-klaim-segelas-tanaman-herbal-ciplukan-bisa-hilangkan-nikotin-dalam-tubuh
https://www.liputan6.com/hot/read/5310179/12-cara-hilangkan-nikotin-di-dalam-tubuh-dengan-alami?page=7