[SALAH] “Cara Mandi Agar Terhindar Dari Stroke Jangan Membasahi Kepala Terlebih Dahulu”

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa membasahi kepala lebih dulu saat mandi dapat mengakibatkan stroke. Kepala Stroke Foundation Clinical Council Profesor Bruce Campbell dan Kepala penelitian ilmu saraf di Monash Health Thanh Phan membantah klaim yang beredar di media sosial tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Bambang Karyanto (fb.com/ibenk.pengamendsetiaqu) pada 20 September 2023 mengunggah video yang terdapat narasi:

“Cara Mandi Agar Terhindar Dari Stroke Jangan Membasahi Kepala Terlebih Dahulu”

Sumber: archive.ph/R2Rs8 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa cara mandi agar terhindar dari stroke adalah jangan membasahi kepala terlebih dahulu adalah klaim yang menyesatkan.

Faktanya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa membasahi kepala lebih dulu saat mandi dapat mengakibatkan stroke. Kepala Stroke Foundation Clinical Council Profesor Bruce Campbell dan Kepala penelitian ilmu saraf di Monash Health Thanh Phan membantah klaim yang beredar di media sosial tersebut.

Klaim ini merupakan hoaks lama yang beredar kembali. Pada tahun 2020, klaim yang identik pernah diperiksa faktanya melalui artikel berjudul [SALAH] “waktu mandi jangan basahkan kepala dulu, basahkan bagian badan” yang terbit disitus turnbackhoax.id pada 13 November 2020.

“Sebagian besar stroke disebabkan oleh gumpalan yang menghalangi aliran darah di otak. Gumpalan ini berasal dari jantung atau pembuluh darah besar (seperti arteri karotis). Penyebab yang kurang umum adalah pembuluh darah yang pecah,” kata Phan dilansir dari AFP Fact Check, Senin (9/11/2020).

Kepala Stroke Foundation Clinical Council Profesor Bruce Campbell juga membantah klaim yang beredar di media sosial tersebut.

“Tidak ada bukti [yang kami] ketahui mengenai hubungan antara mandi dengan stroke,” ujarnya.

Campbell menganjurkan untuk menekan risiko stroke dengan cara mengelola tekanan darah dan kolesterol, makan makanan yang sehat, tidak merokok, olahraga teratur, dan mengurangi konsumsi alkohol. Dia juga menyarankan untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter secara rutin.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/11/13/salah-waktu-mandi-jangan-basahkan-kepala-dulu-basahkan-bagian-badan/
https://factcheck.afp.com/wetting-your-head-your-body-while-showering-does-not-cause-stroke-experts-say

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo