[SALAH] MAHFUD – GANJAR RESMI BERPASANGAN, MEGAWATI DEKLARASIKAN BESAR BESARAN SORE INI

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Judul dan narasi dalam unggahan tersebut tidak saling berkaitan. Narasi dalam unggahan tersebut tidak membahas tentang deklarasi peresmian pasangan Ganjar dan Mahfud MD yang dideklarasikan oleh Megawati, tetapi membahas tentang kunjungan Ganjar ke Graha Pena 98.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695550107.750691/youtu.be/GrjYUmpHUPg%40si%3DJGaS_FKjKfKYKTwG.html (Youtube)

=====
[NARASI]: “MAHFUD – GANJAR RESMI BERPASANGAN, MEGAWATI DEKLARASIKAN BESAR BESARAN SORE INI”

============
[PENJELASAN]:
Akun Berita Rakyat Indonesia pada 24 September 2023 mengunggah video dengan judul “MAHFUD – GANJAR RESMI BERPASANGAN, MEGAWATI DEKLARASIKAN BESAR BESARAN SORE INI”. Unggahan yang berdurasi 5 menit 41 detik itu tidak menyampaikan narasi yang menyatakan bahwa Ganjar resmi berpasangan dengan Mahfud MD dan dideklarasikan oleh Megawati secara besar-besaran. Berita tentang peresmian pasangan Ganjar dan Mahfud MD ini telah banyak beredar, salah satunya dalam unggahan berjudul “Gemparkan 1 Indonesia, Pasangan Ganjar-Mahfud MD Di Tetapkan Di Istana Sore ini”. Kedua unggahan sama-sama membahas penetapan atau peresmian pasangan Ganjar dan Mahfud MD akan tetapi narasi yang disampaikan tidak sesuai dengan judul dari masing-masing unggahan.

Unggahan”MAHFUD – GANJAR RESMI BERPASANGAN, MEGAWATI DEKLARASIKAN BESAR BESARAN SORE INI” menarasikan sebuah artikel yang berjudul “Seruan Ganjar Pranowo Presiden Bergema di Graha Pena 98” yang diunggah pada laman nasional.sindonews.com pada tanggal 21 September 2023. Artikel ini berisi tentang kunjungan Ganjar ke Graha Pena 98 pada tanggal 21 September. Kunjungan tersebut mendapat sambutan dari para warga yang meminta bersalaman dan berfoto di sepanjang perjalanan menuju Graha Pena 98. Sesampainya disana Ganjar juga mendapat sambutan dari para relawan yang merupakan aktivis Graha 98 dengan seruan “Ganjar Presiden” dan “Ganjar Menang”.

==========
[REFERENSI]:
– https://nasional.sindonews.com/read/1207135/12/seruan-ganjar-pranowo-presiden-bergema-di-graha-pena-98-1695298194-https://youtu.be/1gxCcRzGf8o?si=rQiE088jWxeQ5LLE
– https://youtu.be/UYBjSstpga4?si=yqwDJ-8IIDh7x4ta