[SALAH] CABUT DUKUNGAN KE GANJAR PARTAI BURUH ALIH DUKUNGAN KE ANIES BASWEDAN

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Partai Buruh cabut dukungan ke Ganjar dan beralih dukung Anies. Unggahan tersebut telah dimanipulasi baik judul, cover, atau narasi yang ada dalam cover. Unggahan tersebut menarasikan artikel yang tidak ada kaitannya dengan judul ataupun narasi.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695342802.533362/youtu.be/i90RQKliGlI%40si%3DqXLeNpScwtb0xMLI.html (Youtube)

=====
[NARASI]: ” CABUT DUKUNGAN KE GANJAR PARTAI BURUH ALIH DUKUNGAN KE ANIES BASWEDAN”

============
[PENJELASAN]:
Akun Suara Rakyat pada 20 September 2023 mengunggah video dengan judul “Dukungan Semakin besar :bangbang: Elektabilitas Anies Baswedan Semakin Meningkat Gara gara hal ini”.  Cover dalam unggahan tersebut juga menarasikan ” CABUT DUKUNGAN KE GANJAR PARTAI BURUH ALIH DUKUNGAN KE ANIES BASWEDAN”, narasi tersebut dapat menggiring opini penonton sesuai dengan narasi tersebut. Judul dan narasi pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi unggahan. Video yang berdurasi 8 menit 9 detik itu tidak menyampaikan narasi yang menyatakan bahwa partai buruh mencabut dukungan ke Ganjar dan beralih ke mendukung Anies.

Unggahan tersebut menarasikan sebuah artikel dan menampilkan beberapa cuplikan video salah satunya video pada saat Surya Paloh berpidato di acara deklarasi Anies-Imin  tanggal 2 September 2023. Artikel yang dinarasikan pada unggahan tersebut berjudul “Koalisi Sudah Utuh, Anies – Cak Imin akan Jadi Pasangan Pertama Daftar KPU” yang diunggah pada laman nasional.tempo.co tanggal 16 September 2023. Artikel ini berisi tentang kesiapan dari Koalisi Perubahan untuk pendaftaran pilpres 2024. Koalisi Perubahan menyatakan telah siap dan akan menjadi pasangan pertama yang mendaftar pilpres 2024.

==========
[REFERENSI]:
– https://nasional.tempo.co/read/1772699/koalisi-sudah-utuh-anies-cak-imin-akan-jadi-pasangan-pertama-daftar-kpu
– https://youtu.be/bDpRUrrWeTI?si=SkJ1he0M2tDEycSE