[SALAH] KPK BIKIN ANIES GAGAL NYAPRES – SURYA PALOH NGAMUK SAMPAI BEGINI

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Anies gagal nyapres karena KPK. Judul dan narasi pada unggahan tersebut memang sama membahas tentang KPK dan Anies Baswedan, tetapi dalam narasi tidak menyebutkan bahwa Anies gagal maju dalam pilpres 2024.
=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695551969.078035/youtu.be/7k_a2QLCmHU%40si%3Dzw_2DnYfYY01vyus.html (Youtube)

=====
[NARASI]: “KPK BIKIN ANIES GAGAL NYAPRES – SURYA PALOH NGAMUK SAMPAI BEGINI”

============
[PENJELASAN]:
Akun Kabar Rakyat Indonesia pada 23 September 2023 mengunggah video dengan judul “KPK BIKIN ANIES GAGAL NYAPRES – SURYA PALOH NGAMUK SAMPAI BEGINI”. Unggahan yang berdurasi 6 menit 46 detik itu tidak menyampaikan narasi yang menyatakan bahwa Anies gagal nyapres atau maju pilpres 2024 karena KPK. Hal tersebut tidak sesuai dengan narasi yang disampaikan. Narasi dalam unggahan tersebut menjelaskan isu KPK yang berkaitan dengan Anies adalah upaya untuk menggiring opini publik bahwa ada upaya penjegalan Anies dalam pilpres 2024.

Unggahan tersebut menarasikan sebuah artikel yang berjudul “Anies Jadi Objek Dizalimi Untuk Ngerepotin KPK, Kenapa Nasdem Mendadak Usung Anies?” yang diunggah pada laman seword.com pada tanggal 3 Oktober 2022. Artikel ini berisi tentang kejanggalan pada pencalonan Anies sebagai capres 2024, mulai dari isu KPK yang diduga untuk menggiring opini bahwa Anies dijegal hingga cepatnya pengumuman Nasdem terkait Anies sebagai calon presiden 2024 yang tidak sesuai dengan jadwal.

==========
[REFERENSI]:
– https://seword.com/politik/anies-jadi-objek-dizalimi-untuk-ngerepotin-kpk-NfMZwTXnSn