[SALAH] JOKOWI LANTIK 7 TIM PEMENANGAN GANJAR-GIBRAN 2024

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait Jokowi melantik 7 tim pemenangan Ganjar-Gibran. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang disertai narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/42UF-AFR8 (Youtube)

=======

[NARASI]:
BREAKING NEWS !! SAHH..JOKOWI LANTIK 7 TIM PEMENANGAN GANJAR..PRABOWO DAN ANIS HARUS GIGIT JARI

TEPAT PAGI INI….!!
LANTIK 7 TIM PEMENANGAN GANJAR-GIBRAN
KEPUTUSAN JOKOWI BIKIN PRABOWO & ANIES GIGIT JARI

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video dengan klaim narasi yang menyatakan Jokowi melantik 7 tim pemenangan Ganjar-Gibran beredar dari channel youtube POLITIK NUSANTARA.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan pemberitaan terkait Jokowi melantik 7 tim pemenangan Ganjar dan Gibran. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan beberapa bagian dari artikel yang berbeda antara lain artikel portibinews.com berjudul “Apa maksud Jokowi Bentuk Tim 7 untuk Ganjar Setelah Bertemu Ketua Partai” dan artikel primetimes.id berjudul “PDIP, Jokowi, dan Ganjar Pranowo”.

Thumbnail dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Erick Thohir selaku Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) memimpin pengucapan janji pada acara Pengukuhan Tim Kampanye Daerah dan Konsolidasi Pemenangan Pilpres 2019 di Hotel Asrilia, Kota Bandung, Minggu, 14 Oktober 2018. Dalam foto aslinya tidak terdapat sosok Jokowi.

Foto yang asli dimuat pada artikel republika.co.id berjudul “Pengukuhan Tim Kampanye Daerah Joko Widodo-Ma’ruf Amin” yang diunggah pada 14 Oktober 2018.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Jokowi melantik 7 tim pemenangan Ganjar-Gibran tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]
https://www.portibinews.com/politik/071797943/apa-maksud-jokowi-bentuk-tim-7-untuk-ganjar-setelah-bertemu-ketua-partai?page=1

https://visual.republika.co.id/berita/pgl7vk283/pengukuhan-tim-kampanye-daerah-joko-widodomaruf-amin