[SALAH] JOKOWI, MEGAWATI DAN PDIP TETAPKAN DUET GANJAR-GIBRAN 2024

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi yang menyesatkan, selain thumbnail merupakan hasil rekayasa, dalam video tersebut juga tidak ditemukan informasi terkait Jokowi, Megawati dan PDIP tetapkan duet Ganjar Gibran pada Pilpres 2024.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/EWW2-RNFJ (Youtube)

=======

[NARASI]:
INDONESIA GEMPA !! SELAMAT UNTUK MAS GIBRAN,JOKOWI MEGA & PDIP TETAPKAN DUET MAUT GANJAR GIBRAN 2024

KABAR BURUK UNTUK PRABOWO
SELAMAT UNTUK MAS GIBRAN
JOKOWI MEGA & PDIP TETAPKAN DUET MAUT GANJAR-GIBRAN

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama POLITIK NUSANTARA dengan narasi yang menyatakan bahwa Jokowi, Megawati dan PDIP tetapkan duet Ganjar Gibran pada Pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, dari awal hingga akhir video tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan kegiatan Prabowo dan juga Gibran yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari seword.com berjudul “Nyesek, Prabowo Ditikung, PDIP Mempertimbangkan Gibran Jadi Cawapres” yang diunggah pada 19 Agustus 2023.

Thumbnail yang menampilkan Jokowi sedang berpidato bersama Ganjar, Gibran, Megawati dan Puan tersebut identik dengan foto yang dimuat pada situs presidenri.go.id berjudul “Presiden Jokowi: Butuh Kolaborasi dalam Pembangunan Bangsa”.

Foto aslinya tidak menampilkan sosok Ganjar, Gibran, Megawati dan Puan, sehingga dapat dipastikan thhumbnail tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Selasa, 21 Juni 2022.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Jokowi, Megawati dan PDIP tetapkan duet Ganjar Gibran pada Pilpres 2024 tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yyang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://seword.com/politik/prabowo-ditikung-pdip-mempertimbangkan-gibran-i3HjFyEaIF

https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/presiden-jokowi-butuh-kolaborasi-dalam-pembangunan-bangsa/