[SALAH] Jokowi Ancam Penjarakan Pejabat Negara Jika Berani Dukung Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi ancaman Jokowi terhadap pejabat negara yang mendukung Anies Baswedan. Narasi dalam artikel berisi tentang Sudirman Said yang mengklaim pejabat negara datangi PKS untuk gagalkan Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/3H7K-NVQS (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “GEMPAR!! JKW NGAMUK ANC4M P3NJ4R4K4N SELURUH PEJABAT NEGARA JIKA BERANI DUKUNG ANIES JADI PRESIDEN!”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Rahasia Politik mengunggah video dengan klaim Presiden Joko Widodo ngamuk dan ancam seluruh pejabat negara jika berani mendukung Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang mendukung klaim yang beredar tersebut. Cuplikan pada video tersebut merupakan gabungan dari video-video yang tidak berkaitan. Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah Rakyat Sulsel dengan judul “Sudirman Said Bongkar Pejabat Negara Hingga Pimpinan Partai Jegal Anies Nyapres” dan artikel CNN Indonesia dengan judul “Koalisi Perubahan Mulai Susun Struktur Tim Pemenangan Anies.”

Artikel tersebut membahas juru bicara bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan, Sudirman Said, mengklaim ada pejabat negara bergantian mendatangi PKS. Sudirman menyebut pejabat tersebut ingin PKS keluar dari KPP sehingga Anies tidak dapat maju pada Pilpres 2024.

Sedangkan artikel milik CNN Indonesia berisi informasi tentang Sudirman Said yang menyatakan KPP mulai menyusun struktur tim pemenangan nasional untuk Anies Baswedan. Sudirman menuturkan koalisi juga tengah merumuskan visi misi Anies sebagai calon presiden sambil menyiapkan berkas administrasi pendaftaran.

Dikutip dari Detik, saat ini PKS masih tergabung dalam KPP bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

=====

[REFERENSI]:

– https://rakyatsulsel.fajar.co.id/2023/06/08/sudirman-said-bongkar-pejabat-negara-hingga-pimpinan-partai-jegal-anie-nyapres/2/
– https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230807143805-617-982994/koalisi-perubahan-mulai-susun-struktur-tim-pemenangan-anies
– https://news.detik.com/pemilu/d-6760268/sudirman-said-klaim-pejabat-negara-datangi-pks-untuk-gagalkan-anies
– https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6874708/peta-kekuatan-parpol-dpr-usai-golkar-pan-dukung-prabowo-capres