[SALAH] Istana Polisikan Rocky Gerung, Moeldoko Jadi Panglima Tempur

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Pemeriksa Fakta Junior)

Faktanya, Kantor Staf Kepresidenan mengungkapan bahwa pernyataan Rocky Gerung memang telah menimbulkan kericuhan di masyarakat. Namun, tidak informasi yang menyebutkan bahwa pihak Istana secara resmi melakukan pelaporan atas tindakan dari Rocky Gerung ini kepada pihak berwajib.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: FACEBOOK

https://archive.fo/nW4c8

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=265933659521333&id=100089346470430

=====

[NARASI]:

“Ist4na Resmi Pol1sikan Rocky Gerung, Jokowi Tunjuk Moe1doko Jadi Pang1ima T3mpur, Ben4rkah”

=====

[PENJELASAN]:

Akun media sosial Facebook Menuju Istana kembali mengunggah sebuah video dengan judul yang tidak biasa. Video yang diunggah pada tanggal 4 Agustus 2023 ini diberi judul dan narasi sebagai berikut, “Ist4na Resmi Pol1sikan Rocky Gerung, Jokowi Tunjuk Moe1doko Jadi Pang1ima T3mpur, Ben4rkah”.

Namun setelah dilakukan penelusuran terhadap kebenaran narasi dan video ini, ditemukan sebuah kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Perlu diketahui bahwa munculnya isu ini diawali oleh adanya pernyataan dari seorang akademisi, Rocky Gerung, yang diduga menghina Presiden Jokowi. Melansir dari artikel Detik.com, hal ini kemudian menimbulkan kemarahan sejumlah elemen Masyarakat dan berujung pada adanya laporan dan pengaduan kepada pihak kepolisian. Salah satunya adalah laporan dari pendukung Jokowi dan beberapa organisasi di Jawa Barat yaitu: arikade 98, Gerakan Pemuda Marhaenis (GMP), BARA JP, BP2MP, Projo Jabar, Pakarang Adat Nusantara dan Paguyuban Penyanyi Pop Sunda dan Acting Kota Bandung ke Ditreskrimsus Polda Jawa Barat. Selain itu, melansir dari artikel Kompas.com, terdapat pula gugatan mengenai dugaan penghinaan yang dilakukan oleh Rocky Gerung oleh seorang Advokat bernama David Tobing, pada Kamis, 3 Agustus 2023. Gugatan dengan klasifikasi perbuatan melawan hukum (PHM) itu telah teregistrasi dengan nomor perkara: 712/Pdt.G/2023/PN JKT.SEL. Bareskrim Polri dalam keterangannya menyebutkan bahwa terkait dengan pernyataan Rocky Gerung ini, setidaknya ada 13 laporan polisi dan dua pengaduan yang dibuat sejumlah pihak terhadap Rocky Gerung.

Perihal pernyataan Rocky Gerung ini juga mendapat respon dari pihak Istana. Dalam video di kanal Youtube Kompas TV yang berjudul, “BREAKING NEWS – Moeldoko Buka Suara Soal Rocky Gerung Usai Dipanggil Presiden Jokowi”, yang tayang pada Kamis, 3 Agustus 2023, Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, menyebutkan bahwa perilaku dari Rocky Gerung telah menyebabkan kerusuhan di Masyarakat. Moeldoko menambahkan bahwa dirinya siap pasang badan jika Presiden Jokowi diserang oleh Rocky Gerung. Sebagai kepala KSP, Moeldoko mengaku memiliki tanggungjawab penuh untuk menjaga kehormatan Jokowi sebagai presiden. Namun, selama di dalam keterangannya, tidak terdapat informasi yang menyebutkan bahwa pihak Istana turut melaporkan Rocky Gerung ke pihak berwajib terkait dengan pernyataannya di Masyarakat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan bahwa Istana polisikan Rocky Gerung dan Moeldoko siap jadi panglima tempur adalah sebuah klaim keliru dan merupakan informasi yang termasuk dalam kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita/d-6857967/relawan-jokowi-laporkan-rocky-gerung-terkait-ujaran-kebencian-ke-polda-jabar

https://nasional.kompas.com/read/2023/08/06/18253341/hina-jokowi-rocky-gerung-digugat-ke-pn-jaksel

https://nasional.tempo.co/read/1746036/respons-istana-soal-ponpes-al-zaytun-dari-jokowi-ngabalin-moeldoko-dan-mahfud-md

https://www.tribunnews.com/nasional/2023/08/03/kala-moeldoko-pasang-badan-balas-hinaan-rocky-gerung-terhadap-jokowi-gak-punya-hati-ya-robot?page=all