[SALAH] Jokowi Temui dan Tawarkan Putranya Jadi Cawapres Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi yang salah. Presiden Joko Widodo tidak pernah melakukan pertemuan dengan Anies Baswedan untuk menawarkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/69YE-4BNV (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “Tak punya malu !! Jkw temui & tawarkan putranya jadi cawapres anies”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube NEGARA POLITIK mengunggah video dengan klaim Presiden Joko WIdodo tiba-tiba mendatangi Anies Baswedan dan menawarkan putranya untuk menjadi cawapres untuk mendampinginya di Pilpres 2024. Klaim ini didukung oleh gambar pratinjau yang menampilkan momen kebersamaan Jokowi, Anies Baswedan, dan Gibran Rakabuming Raka.

Namun setelah ditelusuri, foto yang terdapat pada gambar pratinjau video tersebut merupakan hasil manipulasi. Faktanya foto tersebut bukan merupakan momen pertemuan Jokowi dengan Anies untuk menawarkan Gibran sebagai cawapres. Dikutip dari VOA Indonesia, foto tersebut diambil pada pertemuan Presiden Jokowi dengan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada saat masih menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pertemuan itu dilakukan di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 25 Oktober 2017.

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video tidak memiliki kaitan dengan klaim yang beredar. Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada artikel yang identik dengan narasi tersebut.

Sebelumnya, klaim Presiden Jokowi menawarkan Gibran sebagai cawapres Anies sudah pernah beredar. Namun dikutip dari Mamagini, klaim tersebut adalah informasi bohong. Presiden Jokowi tidak pernah melakukan pertemuan dengan Anies untuk menawarkan Gibran sebagai cawapres.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.voaindonesia.com/a/bertemu–jokowi-anies-sandi-tidak-bahas-reklamasi/4086997.html
– https://mamagini.suara.com/read/2023/08/15/193150/jokowi-temui-anies-untuk-tawarkan-gibran-jadi-cawapres-benarkah