[SALAH] Ponpes Al Zaytun Resmi Ditutup, Panji Gumilang Langsung Diseret ke Penjara

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Ponpes Al Zaytun resmi ditutup dan Panji Gumilang diseret ke penjara merupakan informasi yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1689298791.773095/singlefile.html (Youtube)

====
[NARASI]:
โ€œPonpes Al Zaytun Resmi Ditutup, Panji Gumilang Langsung Diseret Ke Penjaraโ€

====

[PENJELASAN]:


Akun facebook dengan nama Celebes News (https://www.youtube.com/@CelebesTV99) pada 10 Juli 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim pondok pesantren Al Zaytun resmi ditutup dan pemiliknya, Panji Gumilang langsung diseret ke penjara.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya apa yang disampaikan di dalam video tersebut tidaklah benar. Video tersebut tidak menjelaskan terkait penutupan ponpes Al Zaytun tetapi lebih kepada kasus-kasus yang pernah dilakukan oleh Panji Gumilang selaku pemilik Al Zaytun. Contohnya seperti kasus penistaan agama.

Tak hanya itu, cuplikan video yang digunakan di dalam video tersebut pun tidak memiliki kesesuaian dengan klaim yang disampaikan pada judul. Contohnya saja pada menit ke 1:52 yang merupakan cuplikan dari video yang diunggah oleh akun youtube KOMPASTV (https://www.youtube.com/@kompastv) yang berisikan pernyataan Panji Gumilang usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri pada 4 Juli 2023.

Oleh sebab itu, video dengan klaim ponpes Al Zaytun resmi ditutup dan penyeretan Panji Gumilang ke penjara merupakan konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://www.youtube.com/watch?v=agKQyN7w7_A