[SALAH] Habib Bahar dan Habib Rizieq Dieksekusi Mati Hari Ini

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Habib Bahar bin Smith dan Habib Rizieq Shihab telah dieksekusi mati pada hari ini adalah informasi yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Koneksi Yang Salah

====

[SUMBER]:
Youtube: https://archive.cob.web.id/archive/1687500967.694647/singlefile.html

====
[NARASI]:
“BREAKING NEWS :exclamation:️ TANGIS KELUARGA PECAH SEKETIKA, HABIB BAHAR & RIZIEQ SHIHAB BERAKHIR BEGINI”

====

[PENJELASAN]:


Akun youtube dengan nama Suara Politik (https://www.youtube.com/@suarapolitik7270)
pada 19 Juni 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Habib Bahar bin Smith dan Habib Rizieq Shihab telah dieksekusi mati pada 19 Juni 2023.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya apa yang disampaikan di dalam video bukanlah informasi mengenai eksekusi mati yang dilakukan kepada kedua habib asal Indonesia tersebut. Melainkan video tersebut justru menjelaskan mengenai kontroversi yang pernah dilakukan oleh Habib Bahar bin Smith seperti pada kejadian penembakan oleh orang tak dikenal yang menimpanya pada bulan Mei lalu dan ujaran kebencian yang dilakukan oleh Habib Bahar bin Smith pada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Tak hanya itu, cuplikan video yang digunakan di dalam video tersebut pun tidak memiliki kesesuaian dengan klaim yang disampaikan pada judul. Contohnya pada menit 0:59  yang merupakan potongan dari sebuah podcast yang diunggah pada channel youtube COKROTV (https://www.youtube.com/@CokroTV) yang berisikan Denny Siregar yang mengomentari peristiwa penembakan Habib Bahar bin Smith yang diunggah pada 15 Mei 2023 lalu.

Oleh sebab itu, video dengan klaim Habib Bahar bin Smith dan Habib Rizieq dieksekusi mati adalah informasi yang tidak benar.
==========

[REFERENSI]
https://www.youtube.com/watch?v=0p6bRkSdgBE