[SALAH] Backingan Panji Gumilang Tertangkap

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa telah tertangkapnya seorang jendral bintang 3 yang terbukti sebagai backingan Panji Gumilamg merupakan informasi yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Koneksi Yang Salah

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1689309914.588353/singlefile.html  (Youtube)

====
[NARASI]:
β€œTERBUKTI JADI BEKINGAN PANJI GUMILANG, JENDRAL BINTANG 3 LANGSUNG DICIDUK APARAT SORE INI !!”

====

[PENJELASAN]:


Akun facebook dengan nama Celebes News (https://www.youtube.com/@CelebesTV99) pada 8 Juli 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim telah tertangkapnya jendral bintang 3 yang terbukti menjadi backingan dari Panji Gumilang.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya apa yang disampaikan di dalam video tersebut tidaklah benar. Video tersebut justru menjelaskan mengenai Panji Gumilang yang menyampaikan bahwa pelindung dari pondok pesantren Al Zaytun adalah Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila. Selain itu, isi video juga justru membahas terkait nyanyian lagu menggunakan bahasa Ibrani yang dinyanyikan oleh santri di ponpes Al Zaytun tanpa sedikitpun membahas mengenai penangkapan Jendral Bintang 3 yang terbukti menjadi backingan Panji Gumilang.

Tak hanya itu, cuplikan video yang digunakan di dalam video tersebut pun tidak memiliki kesesuaian dengan klaim yang disampaikan pada judul. Contohnya saja pada menit ke 2:27 yang merupakan potongan dari video milik Harian Surya (https://www.youtube.com/@TribunnewsSurya) pada 17 Juni 2023 yang berisikan video kontroversi ponpes Al-Zaytun yang mencampuran sholat antara pria dan wanita.

Oleh sebab itu, video dengan klaim telah ditangkapnya Jendral Bintang 3 yang terbukti menjadi backingan Panji Gumilang merupakan konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/_VKu59XGFGA