[SALAH] VIRAL!! SUMPAH POCONG KADER PDIP, INI PENGAKUAN PELAKU SOAL KEHAMILAN ANAKNYA?

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang menyesatkan. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video menggunakan judul clickbait. Bukan sumpah pocong, sumpah yang dilakukan adalah sumpah menggunakan Alquran, saat kader PDIP tersebut membantah tuduhan pemerkosaan yang dilakukan kepada putri kandungnya.

= = = = =

Kategori : Konten yang Menyesatkan

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1690556263.74862/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“VIRAL!! SUMPAH POCONG KADER PDIP, INI PENGAKUAN PELAKU SOAL KEHAMILAN ANAKNYA?”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube POLITIK INDONESIA mengunggah video pada tanggal 25 Juli 2023 dengan judul: “VIRAL!! SUMPAH POCONG KADER PDIP, INI PENGAKUAN PELAKU SOAL KEHAMILAN ANAKNYA?”.

Video yang diunggah adalah video sumpah dari bacaleg PDIP yang membantah telah memperkosa anaknya saat terbaring di rumah sakit setelah dikeroyok massa. Bukan sumpah pocong, sumpah yang dilakukan adalah sumpah memakai Alquran yang diliput oleh akun Youtube CNN Indonesia pada tanggal 24 Juli 2023 dengan judul: “Bantah Perkosa Anak, Bacaleg PDIP Sumpah Pakai Alquran”.

Dilansir dari viva.co.id dalam artikel yang tayang pada tanggal 18 Juli 2023, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram, Joko Jumadi dalam mengusut kasus tersebut membutuhkan kehati-hatian, karena dalam kasus tersebut belum jelas dan tidak memiliki saksi.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video menggunakan judul clickbait. Bukan sumpah pocong, sumpah yang dilakukan adalah sumpah menggunakan Alquran, saat kader PDIP tersebut membantah tuduhan pemerkosaan yang dilakukan kepada putri kandungnya.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=NZ9oFPdT-jw
https://www.viva.co.id/berita/kriminal/1619268-anak-kader-pdip-yang-diamuk-massa-bantah-diperkosa-ayahnya