[SALAH] JOKOWI TERKEJUT! TAK RELA INDONESIA DIPIMPIN PETUGAS PARTAI, TNI COPOT BALIHO GANJAR & DUKUNG ANIES!

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi terkait TNI yang mencopot baliho Ganjar dan mendukung Anies. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah memberikan perintah kepada prajurit terkait netralitas TNI di Pemilu 2024.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1690265694.52393/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“JOKOWI TERKEJUT! TAK RELA INDONESIA DIPIMPIN PETUGAS PARTAI, TNI COPOT BALIHO GANJAR & DUKUNG ANIES!”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube Gajah Mada TV mengunggah video pada tanggal 18 Juli 2023 dengan judul: “JOKOWI TERKEJUT! TAK RELA INDONESIA DIPIMPIN PETUGAS PARTAI, TNI COPOT BALIHO GANJAR & DUKUNG ANIES!”.

Video pertama yang dicuplik adalah potongan pernyataan dari Panglima TNI, Laksamana Yudo saat memberikan keterangan terkait pencopotan baliho Ganjar di lahan Makodim 1013 Mtw, Muara Teweh, Barito Utara, Kalimantan Tengah. Pernyataan tersebut diliput oleh akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 17 Juli 2023 dengan judul: “Jawab Panglima TNI Laksamana Yudo soal Baliho Wajah Ganjar yang Dicopot TNI”.

Video kedua yang dicuplik adalah video yang identik dengan video saat Jokowi menyampaikan visi misi di final debat capres dan cawapres 2019 yang disiarkan secara langsung di akun Youtube CNN Indonesia pada tanggal 13 April 2019.

Video ketiga yang dicuplik identik dengan video Puan Maharani saat memberikan keterangan berkaitan dengan polemik Presidential Threshold. Keterangan tersebut diliput oleh tvOneNews pada tanggal 16 Desember 2021.

Video keempat yang dicuplik adalah video aksi demonstrasi Mahasiswa Jambi yang diliput akun Youtube Tribunnews pada tanggal 11 April 2023 dengan judul: “Kesal Tak Ditemui Anggota Dewan, Aksi Demo Mahasiswa Jambi Tolak UU Cipta Kerja Berakhir Ricuh”. Video lain yang dicuplik adalah video yang tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan dalam video.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi terkait TNI yang mencopot baliho Ganjar dan mendukung Anies. Dikutip dari artikel CNN Indonesia pada tanggal 25 Mei 2023, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah memberikan perintah kepada prajurit terkait netralitas TNI di Pemilu 2024.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=nNS77MB5t6s
https://www.youtube.com/watch?v=qTuZCP2QNcA
https://www.youtube.com/watch?v=AE0MWczO3N8
https://www.youtube.com/watch?v=TelMFWNYVE8
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230525161540-617-954028/poin-poin-perintah-panglima-soal-netralitas-tni-di-pemilu-2024