[SALAH] PEMERINTAHAN JOKOWI TERPAPAR NEO KOMUNISME

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan beberapa foto yang disertai narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi dan bukti valid bahwa pemerintah terpapar neokomunisme seperti yang dinarasikan dalam video.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1690556344.064397/index.html

= = = = =

Narasi :
“MENGEJUTKAN!! PEMERINTAHAN JKW TERPAPAR NEO KOMUN1SME, INI FAKTANTA???”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube POLITIK INDONESIA mengunggah video pada tanggal 22 Juli 2023 dengan judul: “MENGEJUTKAN!! PEMERINTAHAN JKW TERPAPAR NEO KOMUN1SME, INI FAKTANTA???”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan beberapa foto yang disertai narasi yang menyesatkan.

Foto pertama yang diunggah adalah foto yang diklaim merupakan foto Jokowi yang berada disamping DN Aidit saat berpidato dihadapan kader PKI. Dilansir dari Kompas.com foto tersebut sebenarnya merupakan foto yang diambil oleh Howard Sochurek, seorang fotografer jurnalistik pada September 1955. Jokowi lahir pada tahun 1961 sedangkan foto tersebut diambil pada tahun 1955.

Foto kedua yang ada dalam video adalah foto yang identik dengan foto liputan Sindonews pada tanggal 27 Mei 2016 dengan judul: “Mengenakan Kaus Palu Arit, Kuli Banggunan Diamankan TNI”.

Foto ketiga adalah foto Presiden Jokowi dan Nguyen Phu Trong saat penandatanganan kesepakatan dua negara. Foto lain yang diunggah adalah foto pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dan Presiden China, Xi Jin Ping di Beijing guna membahas kerjasama dua negara pada 26 Juli 2022, serta foto lain yang tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan dalam video.

Tidak ditemukan informasi dan bukti valid bahwa pemerintah terpapar neokomunisme seperti yang dinarasikan dalam video.

= = = = =

Referensi :
https://nasional.kompas.com/read/2018/11/23/15185081/penjelasan-soal-foto-kampanye-pki-dn-aidit-yang-terdapat-pria-mirip-jokowi
https://www.merdeka.com/peristiwa/pakai-kaus-palu-arit-buruh-bangunan-di-tangsel-ditangkap.html
https://news.okezone.com/read/2017/08/24/18/1762021/bertemu-jokowi-sekjen-partai-komunis-vietnam-saya-percaya-hubungan-dengan-indonesia-terus-berkembang
https://nasional.kompas.com/read/2022/07/26/19300751/berita-foto-pertemuan-jokowi-dengan-presiden-china-xi-jinping-di-beijing