[SALAH] MEMALUKAN!! INDONESIA JADI TERTAWAAN NEGARA ASEAN??

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil kumpulan video dan foto yang disertai narasi yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid bahwa Indonesia menjadi bahan tertawaan negara ASEAN.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1690556120.718808/index.html

= = = = =

Narasi :
“MEMALUKAN!! INDONESIA JADI TERTAWAAN NEGARA ASEAN??”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube POLITIK INDONESIA mengunggah video pada tanggal 25 Juli 2023 dengan judul: “MEMALUKAN!! INDONESIA JADI TERTAWAAN NEGARA ASEAN??”.
Selain menggunakan kumpulan video, video tersebut juga menggunakan beberapa foto yang tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan.

Foto pertama yang diambil adalah foto Presiden Joko Widodo yang diambil oleh fotografer Ettore Ferrari pada tanggal 30 Oktober 2021 saat menghadari G20 di Roma. Foto lain yang diunggah adalah foto Presiden Jokowi saat meninjau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang diambil oleh M Fathra Nazrul Islam.

Video yang dicuplik adalah video Rocky Gerung Official pada tanggal 24 Juli 2023 dengan judul “DI BAWAH JOKOWI, INDONESIA JADI BAHAN LEDEKAN NEGARA-NEGARA ASEAN”. Pada video youtube tersebut Rocky Gerung memberikan opini terkait kondisi politik Indonesia terutama saat membahas kegiatan Harlah PKB ke-25 di Solo yang dihadiri para tokoh politik Indonesia.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil kumpulan video dan foto yang disertai narasi yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid bahwa Indonesia menjadi bahan tertawaan negara ASEAN.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=zNcKsk-ObOY
https://epaimages.com/search.pp?flush=1&multikeyword=joko%20And%20ettore&startdate=&enddate=&autocomplete_City=&metadatafield5=&autocomplete_Country=&metadatafield44=
https://m.jpnn.com/news/presiden-jokowi-akan-berkemah-di-ikn-tokoh-adat-di-sepaku-ingin-bertemu-ada-hal-penting