[SALAH] Jokowi Panik, Cak Imin dan Prabowo Satukan Dukungan untuk Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari

Tidak ada informasi mengenai Presiden Joko Widodo yang panik akibat Cak Imin dan Prabowo yang memberikan dukungan untuk Anies Baswedan. Narasi dalam video berisi PKB akan lakukan evaluasi koalisi bersama Gerindra, berkaitan dengan capres dan cawapres yang tidak kunjung dideklarasikan.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1689677504.205515/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “Jkw panik !! Keputusan final partai, cak Imin dan Prabowo satukan dukungan untuk menangkan anies”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube LINTAS OPINI mengunggah video dengan klaim Presiden Joko Widodo panik akibat Muhaimin Iskandar (Ketua PKB) dan Prabowo Subianto (Ketua Gerindra) satukan suara untuk mendukung Anies Baswedan pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang menyatakan kebenaran klaim pada video. Narasi yang dibacakan pada video justru identik dengan artikel Kompas dengan judul “PKB Bakal Evaluasi Koalisi Gerindra-PKB jika Tak Deklarasi Capres-Cawapres pada Juni.”

Dalam artikel yang diunggah pada 8 Juni 2023 tersebut menginformasikan Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, partainya akan mengevaluasi koalisi bersama Partai Gerindra apabila bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) tidak kunjung diumumkan pada Juni 2023.

Jazilul menerangkan, dorongan itu datang dari para tokoh, mulai dari kiai hingga ulama. Mereka meminta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk segera memutuskan capres-cawapres yang akan diusung partainya.

Selain itu, sebelumnya PKB dan Gerindra diberitakan tergabung dalam Koalisi Kebangsaan Indonesia Raya (KKIR) yang akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Sedangkan Anies Baswedan adalah calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

=====

[REFERENSI]:

– https://nasional.kompas.com/read/2023/06/08/12194361/pkb-bakal-evaluasi-koalisi-gerindra-pkb-jika-tak-deklarasi-capres-cawapres
– https://turnbackhoax.id/2023/06/27/salah-pkb-dan-gerindra-bersatu-dukung-anies-baswedan-di-pemilu-2024/