[SALAH] Jalanan Lumpuh Total Akibat Relawan Dukung Anies dalam Debat Terbuka

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai jalanan lumpuh akibat dukungan relawan Anies pada saat debat terbuka. Hingga saat ini, belum ada debat terbuka yang dilakukan untuk capres.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1689676669.041913/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “JALANAN LUMPUH TOTAL ~ RELAWAN BERGERAK MERANGSEK, DUKUNG ANIES DALAM DEBAT TERBUKA TIGA KANDIDAT”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube DUNIA POLITIK mengunggah video dengan klaim jalanan lumpuh total akibat relawan merangsek masuk untuk mendukung Anies Baswedan dalam debt terbuka. Dalam gambar pratinjau, disebutkan bahwa debat terbuka dilakukan untuk ketiga bakal calon presiden.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menjelaskan tentang peristiwa yang disebutkan pada klaim. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel CNN Indonesia yang berjudul “Anies, Prabowo, Ganjar Adu Gagasan Satu Forum di Makassar Hari Ini.”

Artikel yang diunggah pada 13 Juli 2023 tersebut menjelaskan tiga bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024 dijadwalkan akan beradu gagasan dalam satu forum bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketiganya yakni, Anies Baswedan selaku bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Ganjar Pranowo selaku bakal capres PDIP, dan Prabowo Subianto sebagai bakal carpes Partai Gerindra.

Selain itu, dikutip dari Tempo, pendaftaran capres dan cawapres mulai dibuka pada 19 Oktober hingga 25 November 2023 mendatang. Regulasi ini telah ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum atau PKPU Tahun 2022. Sehingga bisa dipastikan hingga saat saat video diunggah tentu saja belum berlangsung debat terbuka capres.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230713083734-617-972854/anies-prabowo-ganjar-adu-gagasan-satu-forum-di-makassar-hari-ini
– https://nasional.tempo.co/read/1720782/pendaftaran-bacaleg-dpr-dpd-dprd-pemilu-2024-sudah-dibuka-kapan-pendaftaran-capres-2024