[SALAH] PKB dan Gerindra Bersatu Dukung Anies Baswedan di Pemilu 2024

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai dukungan PKB dan Gerindra untuk Anies Baswedan. Narasi dalam video menjelaskan PBB yang segera membuat deklarasi bergabung dengan KKIR.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687512329.927087/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: β€œIkut jejak 8 partai !! akhirnya pkb dan Gerindra bersatu antarkan Anies di pilpres 2024”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube LINTAS OPINI mengunggah video dengan klaim Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerindra yang bersatu untuk medukung Anies Baswedan pada Pemilu 2024. Dalam judul video dikatakan bahwa langkah yang diambil kedua partai tersenut adalah bentuk mengikuti jejak dari delapan partai lainnya.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menjelaskan bahwa PKB dan Gerindra mendukung Anies Baswedan. Seperti diketahui sebelumnya, PKB dan Gerindra tergabung dalam Koalisi Kebangsaan Indonesia Raya (KKIR) yang akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Sedangkan Anies Baswedan adalah calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Narasi dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah oleh Sindo News dengan judul β€œFix Dukung Prabowo, PBB Segera Deklarasi Gabung Gerindra dan PKB.”

Dalam artikel ini berisi tentang Partai Bulan Bintang (PBB) segera membuat deklarasi bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). PBB akan menghadapi Pemilu 2024 bersama Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor mengatakan menjalin komunikasi dengan sejumlah elite Partai Gerindra dan PKB soal rencana bergabung ke KKIR. PBB tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mendeklarasikannya.

=====

[REFERENSI]:

– https://nasional.sindonews.com/read/1098431/12/fix-dukung-prabowo-pbb-segera-deklarasi-gabung-gerindra-dan-pkb-1684127137
– https://news.republika.co.id/berita/rwlzq0330/pkb-pan-bisa-gabung-kkir-tapi-jangan-tuntut-jatah-caprescawapres