[SALAH] CNN News: Submarine OceanGate yang Hilang Ditemukan Kosong

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya CNN tidak pernah melaporkan kabar bahwa kapal Submarine OceanGate ditemukan namun tidak ada penumpang di dalamnya. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.is/GZ5j9

= = =

Narasi:

“Missing OceanGate Submarine Found Empty. According to the co-founder of Oceangate, the submarine has been found but the passengers were no longer in the submarine. “The submarin was bolted from the outside making it impossible fot the passengers to exit the submarine, almost as if they vanished.” – OceanGate Co-Founder Wendy Rush.”

Terjemahan:

“Kapal Selam OceanGate Hilang Ditemukan Kosong. Menurut salah satu pendiri Oceangate, kapal selam tersebut telah ditemukan namun penumpangnya sudah tidak ada lagi di dalam kapal selam tersebut. “Kapal selam itu dibaut dari luar sehingga penumpang tidak bisa keluar dari kapal selam, seolah-olah mereka menghilang.” – Salah Satu Pendiri OceanGate, Wendy Rush.”

= = =

Penjelasan:

Beredar di Facebook sebuah tangkapan layar berita dari CNN News yang mengabarkan bahwa kapal selam OceanGate yang hilang saat wisata bawah laut Kapal Titanic telah ditemukan, namun penumpang di dalamnya tidak ada. Terlihat dari tangkapan layar tersebut bahwa berita dipublikasi pada 21 Juni 2023.

Setelah ditelusuri klaim menyesatkan, faktanya CNN News tidak mempublikasi kabar tersebut, berdasarkan hasil tinjauan AFP. Melalui AFP, Emily Kuhn, Vice President Communication CNN menyebut bahwa tangkapan layar tersebut dibuat-buat, bukan laporan dari CNN.

Dengan demikian, CNN News mengabarkan Submarine OceanGate yang hilang ditemukan kosong adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33KP4UQ

https://edition.cnn.com/americas/live-news/titanic-missing-sub-oceangate-06-22-23/index.html

===