[SALAH] Foto “Najwa Shihab mempromosikan celana terapi dari Jepang”

Foto editan. Foto asli Najwa Shihab tersebut adalah foto ketika Najwa Shihab dan Sudarmadi Widodo, Corporate Communication Director Otsuka mengenalkan program Free TBC at Workplaces dan aplikasi Sembuh TB, Kamis (12/1/2023).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Naywa Shihab (fb.com/105975032238353) pada 19 Juli 2023 mengunggah beberapa foto yang menampilkan Najwa Shihab yang sedang memegang produk dengan narasi sebagai berikut:

“Pria Indonesia jangan beli celana magnet ini di shoppee kalau gak mau “pisang” jatuh sakit Ini adalah celana terapi yang saya beli untuk suami saya saat dalam perjalanan bisnis di Jepang.”

Selengkapnya di archive.ph/wHCjt (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Najwa Shihab yang diklaim sedang mempromosikan celana terapi dari Jepang merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan. Foto asli Najwa Shihab tersebut adalah foto ketika Najwa Shihab dan Sudarmadi Widodo, Corporate Communication Director Otsuka mengenalkan program Free TBC at Workplaces dan aplikasi Sembuh TB, Kamis (12/1/2023).

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Didukung Najwa Shihab, Otsuka Luncurkan Program Penanggulangan TBC” yang terbit di situs jpnn.com pada Kamis, 12 Januari 2023. Foto ini diberi keterangan “Najwa Shihab dan Sudarmadi Widodo Corporate Communication Director Otsuka saat pengenalan program Free TBC at Workplaces dan aplikasi Sembuh TB, Kamis (12/1). Foto: Dok. Otsuka”

REFERENSI
https://www.jpnn.com/news/didukung-najwa-shihab-otsuka-luncurkan-program-penanggulangan-tbc

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo