[SALAH] Video Umat Islam Mengambil Uang Milik Umat Hindu di Kuil Shirdi Sai

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut bukan berada di Kuil Shirdi Sai, namun di Masjid Pagla di Kota Kishoreganj, Bangladesh. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.is/Zmbv3

= = =

Narasi:

“Lihat sendiri kemana perginya uang umat Hindu yang dimasukkan ke dalam saku Kuil Shirdi Sai! Sedemikian viralnya hingga menjangkau setiap umat Hindu di Tanah Air yang menjadi buta meski memiliki mata?”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Facebook menunjukkan beberapa orang umat Islam memasukkan uang dari kotak amal ke dalam karung, video tersebut diklaim berada di Kuil Shirdi Sai, India. Dari klaim tersebut memunculkan persepsi bahwa beberapa orang umat Islam tersebut telah mencuri uang amal milik umat Hindu di Kuil Shirdi Sai.

Setelah ditelusuri klaim menyesatkan, faktanya video tersebut berada di Masjid Pagla, Bangladesh. Dilansir dari AFP, terlihat bahwa uang dalam video tersebut menunjukkan uang Bangladesh Bank. Kemudian penelusuran melalui Google Street View, menunjukkan pagar dalam video sangat identik dengan pagar di sekitar Masjid Pagla.

Dengan demikian, video umat Islam mengambil uang milik umat Hindu di Kuil Shirdi Sai adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33KJ4C6

https://www.google.com/maps/@24.443649,90.7717955,3a,90y,297.81h,94.51t/data=!3m6!1e1!3m4!1sjBlbzzWOF-jzg4lYiJnT8g!2e0!7i16384!8i8192?entry=ttu

===