[SALAH] Foto “ganjaran setimpal orang yang suka berbohong, Anies dibayar tunai sampai seperti ini”

Foto editan. Foto di video itu adalah foto ketika Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Arifin Panigoro, anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024 pada 8 Maret 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook (fb.com/Amaliacantik08) pada 3 Juli 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto beberapa orang yang sedang berada di depan jenazah dan terdapat foto Anies Baswedan dengan narasi:

“ganjaran setimpal orang yang suka berbohong, Anies dibayar tunai sampai seperti ini”

Sumber: archive.ph/ryz6w (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto beberapa orang yang sedang berada di depan jenazah dan terdapat foto Anies Baswedan merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan. Foto di video itu adalah foto ketika Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Arifin Panigoro, anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024 pada 8 Maret 2022.

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Takziah ke Rumah Duka Almarhum Arifin Panigoro, Jokowi jadi Jemaah Salat Jenazah” yang terbit di situs suara.com┬ápada 8 Maret 2022.

Sebagai informasi, Almarhum Arifin Panigoro meninggal dunia di Amerika Serikat pada Minggu, 27 Februari 2022 (waktu setempat) karena sakit. Semasa hidupnya, almarhum dikenal sebagai seorang pengusaha. Selain itu, almarhum Arifin Panigoro merupakan salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024.

REFERENSI
https://www.suara.com/news/2022/03/08/102514/takziah-ke-rumah-duka-almarhum-arifin-panigoro-jokowi-jadi-jemaah-salat-jenazah

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo