[SALAH] IKUTI INSTRUKSI JUSUF HAMKA, SELURUH WARGA TIONGHOA DEKLARASI ANIES BASWEDAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak terdapat informasi terdait warga Tionghoa ikut instruksi Jusuf Hamka deklarasikan Anies Baswedan dan menolak capres pilihan Jokowi dalam video klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687938970.647017/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Ikut Intruksi Jusuf Hamka
Seluruh Warga Tionghoa Deklarasi Anies Pilpres, Menolak Capres Pilihan Jkw

BREAKING NEWS!!
TEPIS ISU DUKUNG CAPRES PILIHAN JOKOWI
SEMUA WARGA TIONGHOA IKUT INSTRUKSI JUSUF HAMKA DEKLARASI ANIES BASWEDAN

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube LIDAH RAKYAT dengan narasi yang mengklaim bahwa seluruh warga Tionghoa ikut instruksi Jusuf Hamka deklarasikan Anies Baswedan dan menolak capres pilihan Jokowi.

Setelah menonton keseluruhan isi dari video klaim tersebut, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang ditampilkan dalam video.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari bukamatanews.id dengan judul “Jusuf Hamka Marahi Willianto Tanta Gegera HT Klaim Tionghoa Dukung Capres Pilihan Jokowi” yang diunggah pada 17 Mei 2023.

Artikel tersebut membahas tentang kabar bahwa warga Tionghoa di Indonesia akan memilih capres yang dipilih Jokowi ada Pemilu 2024 yang disampaikan oleh Hary Tanoesoedibjo.

Kabar tersebut dibantah oleh Jusuf Hamka selaku Ketua Dewan Penasehat Persatuan Islam Tionghoa Indonesia yang mengatakan tidak pernah memberikan kuasa untuk mengatakan bahwa masyarakat Tionghoa diwakili oleh seseorang untuk mendukung capres tertentu.

Berdasarkan penjelasan di atas, video dengan narasi warga Tionghoa ikut instruksi Jusuf Hamka deklarasikan Anies Baswedan dan menolak capres pilihan Jokowi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://bukamatanews.id/read/2023/05/17/jusuf-hamka-marahi-willianto-tanta-gegera-ht-klaim-tionghoa-dukung-capres-pilihan-jokowi