[SALAH] Video “VIRAL ~ Anies kena azab akibat jadi tukang ngibul”

MENYESATKAN, judul umpan klik (Clickbait). FAKTA: video sebenarnya berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, pembacaan artikel dari media, dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: YouTube, https://archive.ph/hojIB (arsip cadangan).

NARASI: “VIRAL ~ Anies kena azab akibat jadi tukang ngibul”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: konten yang dibagikan menggunakan judul umpan klik (Clickbait). Video sebenarnya berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, pembacaan artikel dari media, dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Verifikasi Video

Salah satu sumber gambar ASLI yang disunting dan digunakan untuk gambar pratinjau, ZAWYA pada 22 Jul 2018: “Image used for illustrative purpose. Members of the Saudi police force showcase their skills during their graduation ceremony at Public Security Training City in Mecca March 3, 2012. Image used for illustrative purpose. Reuters Images/Hassan Ali” (deskripsi foto) [2]

Artikel yang dibaca, FAJAR.CO.ID pada 26 Jun 2023: “Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengaku diundang Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Menanggapi hal itu, Loyalis Ganjar Pranowo, Jhon Sitorus menyindir Anies. …” [3]

Salah satu sumber potongan video dengan konteks yang BENAR, NU Online di YouTube pada 1 Mar 1 2021: “#nahdlatululama #nuonline #harlahnu98 Pidato Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan dalam dalam Harlah Nahdlatul Ulama ke-98 di Masjid Istiqlal Jakarta, 16 Rajab 1442 H/ 27 Februari 2021 M. …” [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “anies baswedan harlah nu ke-98” [5]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “anies baswedan harlah nu ke-98” [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] zawya.com: “Saudi Arabias security forces arrest 1,600 drug traffickers in 6 months”, https://bit.ly/44p5AjW / https://archive.ph/2PcjF (arsip cadangan).

[3] fajar.co.id: “Anies Ngaku Diundang Raja Salman Naik Haji dan Menginap di Samping Masjidil Haram, Loyalis Ganjar: Jangan Ngibul!”, https://bit.ly/3XDQTr5 / https://archive.ph/d8eaz (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “Pidato Anies Baswedan di depan Kiai Said Aqil: Puji NU dan Doakan Presiden Jokowi diberi Kemudahan”, https://bit.ly/3CYrUoZ / https://archive.ph/sRX7U (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3XDJAQn / https://archive.ph/zy833 (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/3NVc5FT / https://archive.ph/A20WJ (arsip cadangan).