[SALAH] Twitter Mengambil Untung Setelah Tesla Mengalokasikan 10 Miliar Dollar AS untuk Mengiklankan Twitter

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten parodi. Cuitan tersebut dibuat dengan maksud satir. Terlebih lagi, Tesla tidak pernah membelanjakan 10 Miliar Dollar AS untuk mengiklankan Twitter. Selain itu, pendapatan Twitter justru menurun 40% pada Desember 2022.

=====

KATEGORI: KONTEN PARODI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/J2loY#selection-433.0-433.112

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Twitter sekarang mengambil keuntungan setelah Tesla pada malam ini berkomitmen untuk membelanjakan 10 milliar dollar untuk iklan Twitter minggu depan”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @WholeMarsBlog menulis cuitan bahwa Twitter akan mengambil keuntungan setelah Tesla memutuskan untuk membelanjakan 10 milliar dollar AS untuk mengiklankan Twitter. Cuitan yang ditulis pada 17 Mei 2023 tersebut telah disukai hampir 1,000 orang, dibagikan dan dikutip ulang hampir 50 kali, serta telah dilihat lebih dari 100,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, cuitan tersebut merupakan satir atau parodi. Dilansir dari artikel Snopes.com, Tesla tidak pernah membelanjakan 10 milliar dollar untuk mengiklankan Twitter. Snopes.com juga memberikan klaim bahwa @WholeMarsBlog menulis cuitan tersebut sebagai parodi karena pengguna Twitter tersebut menjawab “tidak” ketika ditanya perihal kebenaran dari klaim tersebut.

Terlebih lagi, artikel Wall Street Journal pernah mengunggah berita bahwa Twitter justru kehilangan keuntungan sebanyak 40% pada Desember 2022, dan tidak pernah ada kanal berita yang mempublikasikan keuntungan Twitter naik pesat pada Mei 2023, pada waktu ketika cuitan tersebut ditulis.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @WholeMarsBlog merupakan konten parodi.

=====

Referensi:
https://www.snopes.com/fact-check/tesla-twitter-musk/


https://www.wsj.com/articles/twitters-revenue-adjusted-earnings-fell-about-40-in-month-of-december-ee91f1eb