[SALAH] Foto “Ratusan Hewan Terlantar Setelah Bendungan Raksasa di Wilayah Kherson Ukraina Runtuh”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya foto-foto tersebut bukan berada di Ukraina dan tidak ada kaitannya dengan penghancuran bendungan di Ukraina pada 7 Juni 2023. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/Bjgpo

= = =

Narasi:

“Ratusan hewan terlantar setelah bendungan raksasa di wilayah Kherson Ukraina runtuh… Ukraina menyalahkan Rusia. Rusia menolak!”

= = =

Penjelasan:

Sebuah cuitan Twitter membagikan foto-foto hewan yang terdampak banjir. Foto-foto tersebut diklaim adalah dampak dari hancurnya bendungan besar di Ukraina akibat dari ledakan yang dilakukan oleh Rusia. Diketahui pada 7 Juni 2023 bendungan era Uni Soviet tersebut jebol usai diguncang beberapa kali ledakan oleh Rusia.

Setelah ditelusuri klaim yang disematkan pada foto tersebut salah, faktanya foto-foto tersebut diambil dari beberapa momen yang berbeda dan tidak ada kaitannya dengan hancurnya bendungan tersebut.

Foto pertama menampilkan beberapa anjing yang terendam banjir, foto tersebut sebelumnya sudah dipublikasi oleh akun Facebook The Soi Dog Foundation, sebuah badan amal yang peduli hewan liar asal Thailand. Dalam keterangannya, banjir parah tersebut terjadi di Timur Laut Thailand pada Oktober 2022.

Foto kedua menampilkan seekor sapi di tengah banjir yang sebelumnya telah dipublikasi dalam laporan berita Reuters.com mengenai banjir terburuk di Australia pada Maret 2021. Dari laporan tersebut menyebut hujan lebat di beberapa daerah menyebabkan banjir di sekitar rumah, jalan, hingga hewan ternak.

Foto ketiga menampilkan seekor babi yang berada di kandang yang terendam banjir sebelumnya telah dipublikasi oleh surat kabar Rusia, Amurskaya Pravda, sejak Juli 2019. Laporan berita tersebut membahas mengenai banjir di Oblast sebelah Timur Rusia.

Dengan demikian, foto hewan terlantar akibat banjir dari hancurnya bendungan di Ukraina adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.facebook.com/SoiDogPageInEnglish/posts/pfbid014tPnebcoNidK9v6r3VLgprUEJNFbkW71Wb61WxCeSip97RBMHg8WQddCg9dssrzl?_rdc=1&_rdr  (arsip: https://ghostarchive.org/archive/IkFfh)

https://www.reuters.com/business/environment/australia-plans-more-flood-evacuations-rains-remain-heavy-2021-03-22/

https://ampravda.ru/2019/07/25/089934.html   (arsip: https://archive.ph/f3W8v)

===