[SALAH] Video Seluruh Warga Jakarta Siap Menangkan Anies Baswedan pada Pemilu 2024

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai dukungan yang diberikan oleh seluruh warga Jakarta untuk Anies Baswedan. Narasi dalam video hanya berisi informasi tentang pertemuan antara Gerakan Nasional Anies Presiden 2024 dengan AHY.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687510712.112411/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “SATU KOMANDO !! SELURUH WARGA JAKARTA SIAP MENANGKAN ANIES PRESIDEN 2024 || BERITA TERBARU”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube TEROPONG ISTANA mengunggah video dengan klaim seluruh warga Jakarta siap untuk mendukung dan memenangkan Anies Baswedan pada Pemilu 2024. Dalam gambar pratinjau dituliskan bahwa ratusan ribu warga Jakarta meneriakkan “Anies presiden” pada acara puncak hari ulang tahun DKI Jakarta.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak membahas mengenai dukungan warga Jakarta pada acara puncak HUT DKI Jakarta tersebut. Cuplikan video tersebut tidak memiliki kaitan dengan klaim pada video. Selain itu, narasi yang dibacakan pada video tersebut justru identik dengan artikel yang diunggah oleh KBA News dengan judul “Gerakan Nasional Anies Presiden 2024 Gelar Pertemuan Strategis dengan AHY.”

Dalam pertemuan tersebut membahas upaya pemenangan Anies Baswedan pada Pemilu Presiden 2024 itu, dari pihak GNAP 2024 antara lain hadir Ketua Umum Sang Alang, Sekjen Ari Saptono, dan Wasekjen Bidang Teritorial dan Hubungan Antar Lembaga Akmal Fikri.

=====

[REFERENSI]:

– https://kbanews.com/hot-news/gerakan-nasional-anies-presiden-2024-gelar-pertemuan-strategis-dengan-ahy/