[SALAH] Foto PBB Mengganti Semua Bendera Negara – Negara Anggota dengan Bendera LGBT

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya foto tersebut bukan bendera yang dipasang oleh PBB yang mana terdapat bendera negara – negara anggota PBB di depan Markas Besar PBB (The UN Headquarters), melainkan berada di Rockefeller Center, New York. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://perma.cc/7LTU-BLDD

= = =

Narasi:

“The United Nations replaces all 193 country flags with LGBT flags”

Terjemahan:

“PBB mengganti semua 193 bendera negara dengan bendera LGBT”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Instagram membagikan sebuah foto yang menampilkan kumpulan banyak bendera pelangi yang melambangkan bendera LGBT dengan narasi pada gambar yang mengklaim bahwa PBB telah mengganti bendera negara-negara anggotanya dengan bendera pelangi tersebut. Diketahui PBB memajangkan bendera seluruh anggota negara PBB di depan Markas Besar PBB (The UN Headquarters).

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, Juru Bicara PBB, Farhan Haq, menyebut bahwa foto tersebut bukan di Markas Besar PBB. Dilansir dari AFP, foto tersebut berada di Rockefeller Plaza, New York yang dipublikasi melalui Wikimedia pada 29 Juni 2019.

Memang Rockefeller Plaza biasanya memajang 193 bendera negara yang mirip seperti PBB, namun pihak Rockefeller Plaza beberapa kali telah menggantinya untuk momen tertentu seperti pada Pride Month ini.

Dengan demikian, PBB mengganti semua bendera negara – negara anggota dengan Bendera LGBT adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33HZ2VW

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Regenbogen_fahnen_Rockfeller_Plaza.JPG

===