[SALAH] Anies Baswedan Resmi Deklarasikan AHY sebagai Cawapres

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi deklarasi AHY sebagai cawapres Anies Baswedan. Cawapres baru akan diumumkan setelah Anies selesai menunaikan ibadah haji dari Arab Saudi.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687339028.91402/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “TEPAT HARI INI !! ANIES RESMI DEKLARASIKAN AHY JADI CAWAPRESNYA DI 2024 || BERITA TERBARU”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube TEROPONG ISTANA mengunggah video dengan klaim Anies Baswedan resmi mendeklarasikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada Pemilu 2024. Pada gambar thumbnail video dituliskan bahwa Anies dan semua ketua umum partai dalam koalisinya sudah menyepakati keputusan tersebut.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi mengenai deklarasi seperti pada klaim video tersebut. Narasi dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah oleh KBA News dengan judul “Sutoyo Abadi: Anies Menang Jika Tidak Dicurangi.”

Dalam artikel tersebut menjelaskan tanggapan Sutoyo Abadi, sebagai Koordinator Kajian Politik Merah Putih Sutoyo Abadi yang mengatakan calon presiden Anies Rasyid Baswedan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), jika tidak dicurangi oleh oligarki.

Hingga saat ini, belum ada deklarasi dari KPP mengenai nama cawapres yang akan mendampingi Anies. Ketua DPP Partai NasDem, sekaligus anggota tim delapan, Sugeng Suparwoto menyebut satu nama tersebut telah dikantongi Anies. Dia mewanti-wanti Anies akan mengumumkan cawapresnya sepulang haji dari Arab Saudi.

Anies dijadwalkan akan menunaikan ibadah haji pada 22 Juni 2023 mendatang. Sebelum berangkat haji, Anies mengumpulkan dan memimpin langsung rapat dengan Tim Delapan di Sekretariat KPP, kawasan Kebayoran Baru pada Selasa, 20 Juni 2023.

=====

[REFERENSI]:

– https://kbanews.com/pilihan-redaksi/sutoyo-abadi-anies-menang-jika-tidak-dicurangi/
– https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230621110604-617-964637/tim-8-anies-sepakati-nama-cawapres-siap-berlayar-menuju-kemenangan