[SALAH] PKB Nyatakan Dukung Anies Baswedan di Pemilu 2024

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi dukungan PKB untuk Anies Baswedan. Saat ini PKB tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Gerindra, yang akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687339780.350777/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “IKUT JEJAK GERINDRA !! KEPUTUSAN FINAL KETUM PKB NYATAKAN DUKUNG ANIES DI 2024 || BERITA TERBARU”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube TEROPONG ISTANA mengunggah video dengan klaim Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memutuskan untuk mendukung Anies Baswedan pada Pemilu 2024. Dalam gambar thumbnail video disebutkan bahwa secara resmi, PKB tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang menyatakan bahwa PKB bergabung dengan KPP. Baik cuplikan video ataupun narasi dalam video tidak memiliki keterkaitan dengan klaim yang ada pada video. Narasi dalam video tidak merujuk pada artikel dari media kredibel manapun.

Seperti diketahui, saat ini PKB tergabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra. Koalisi tersebut akan mengusung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai cawapres. Hingga saat ini, belum ada deklarasi nama cawapres yang akan mendampingi Prabowo.

=====

[REFERENSI]:

– https://news.detik.com/pemilu/d-6784963/pkb-tunangan-ke-gerindra-kalau-golkar-pan-gabung-jangan-jadi-pihak-ketiga