[SALAH] “HABIB LUTFI DITETAPKAN SEBAGAI PENDAMPING GANJAR DI PILPRES”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Habib Lutfi ditetapkan sebagai pendamping Ganjar dipilpres.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1687244454.737919/singlefile.html

=====

[NARASI]: G3mpar !! Hab1b Lutfi Akh1rnya Di Tet4pkan Damp1ngi G4njar..Kepvtusan J0kowi B1kin K4drun Kep4nasan

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Golliat” mengunggah video dengan narasi bahwa Habib Lutfi ditetapkan sebagai pendamping Ganjar dipilpres.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Gambar thumbnail memperlihatkan sosok Habib Lutfi dan Ganjar Pranowo yang identik dengan video yang diunggah kanal Youtube milik Liputan6 dengan judul “Pesan Kebangsaan Anggota Wantimpres Habib Luthfi Untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo”.

Salah satu video identik bisa dilihat dari akun Youtube milik Ganjar Pranowo dengan judul “Kirab Kebangsaan Merah Putih, Indonesia Itu Colourful”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Habib Lutfi ditetapkan sebagai pendamping Ganjar dipilpres adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=xV4wWxIrf-A
https://www.youtube.com/watch?v=QWLZ83oHU2g