[SALAH] Novel Bamukmin Resmi Jadi Cawapres Anies Baswedan, PKS dan Demorat Tarik Dukungannya

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai, lantaran narator dalam video tersebut hanya mengulas mengenai pernyataan dari Politikus Partai Nasdem Bestari Barus yang mengaku malu karena partai politik di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tidak kompak dalam penentuan cawapres Anies Baswedan.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: YOUTUBE (https://archive.fo/eRcpD)

======

[NARASI]:

“CAWAPRES ANIES KEJUTKAN SEMUA PIHAK, PKS & DEMOKRAT LANGSUNG TARIK DUKUNGANNYA”.

======

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube bernama BENTENG ISTANA mengunggah video berdurasi 8 menit berjudul “Dideklarasikan Hari ini Novel Bamukmin resmi Jadi Cawapres Anies”. Pada thumbnail video tersebut terdapat foto Surya Paloh, Anies Baswedan, dan Novel Bamukmin yang mengenakan blazer berlogo partai Nasdem.

Berdasarkan penelusuran dengan menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi Partai Nasdem mendeklarasikan Novel sebagai cawapres.

Narator video hanya membacakan artikel di laman Ayo Jakarta. Artikel itu berjudul “Politikus Partai NasDem Mengaku Malu Soal Cawapres Anies Baswedan, Ada Apa?”, pada 10/06/23.

Artikel tersebut memuat pernyataan politikus Partai Nasdem Bestari Barus yang mengaku malu karena partai politik yang berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tidak kompak dalam penentuan cawapres Anies Baswedan.

Sementara itu terkait gambar thumbnail, merupakan hasil editan dan gambar identik ditemukan pada artikel milik jawapos berjudul “NasDem: Pemberian Nama Yohanes Bukti Anies Tak Pernah Politisasi Agama”, pada 28/12/22.

Dalam gambar aslinya, tidak terdapat Novel Bamukmin, gambar itu menampilkan Anies Baswedan, Surya Paloh, dan Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/06/16/084400482/hoaks-nasdem-deklarasikan-novel-bamukmin-sebagai-cawapres-anies?page=all

https://www.jawapos.com/politik/01427089/nasdem-pemberian-nama-yohanes-bukti-anies-tak-pernah-politisasi-agama

https://www.ayojakarta.com/news/769087471/politikus-partai-nasdem-mengaku-malu-soal-cawapres-anies-baswedan-ada-apa