[SALAH] JUSUF KALLA TERBUKTI KURAS 2,2 TRILIUN KAS NEGARA, JOKOWI TEMPUH JALUR HUKUM

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ada informasi valid mengenai Jusuf Kalla yang terbukti kuras 2,2 triliun kas negara sehingga Jokowi tempuh jalur hukum.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1686039341.186101/index.html

= = = = =

Narasi :
GEGER MALAM INI || JUSUF KALLA TERBUKTI KURAS 2,2 TRILIUN KAS NEGARA, JOKOWI TEMPUH JALUR HUKUM

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube Kabar news mengunggah video dengan judul: “GEGER MALAM INI || JUSUF KALLA TERBUKTI KURAS 2,2 TRILIUN KAS NEGARA, JOKOWI TEMPUH JALUR HUKUM” pada tanggal 2 Juni 2023. Video tersebut menunjukkan tumbnail dengan gambar Jusuf Kalla yang mengenakan baju tahanan KPK.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa gambar Jusuf Kalla yang mengenakan baju tahanan KPK adalah gambar hasil editan yang diberi narasi yang menyesatkan.
Video pertama yang dicuplik adalah video diskusi antara Febby Mahendra Putra (Direktur Pemberitaan Tribun Network) dan Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12) yang berasal dari akun Youtube Warta Kota Production dengan judul: “Blak-blakan Jusuf Kalla Sebut Anies Baswedan Paling Memenuhi Syarat jadi Presiden” diunggah pada tanggal 15 Mei 2023. .

Video kedua yang dicuplik adalah video dari akun Youtube SEWORD TV yang diunggah pada tanggal 28 Mei 2023 dengan judul: “Den Beni: JUSUF KALLA GA BISA MOVE ON, MASIH NAFSU JADI WAPRES NIH?” yang merupakan opini dari Den Beni atas Respon Jusuf Kalla perihal Koalisi Perubahan yang belum menentukan cawapres Anies Baswedan.

Video lain yang dicuplik adalah video pidato Jusuf Kalla di Milad PKS ke-21 yang diunggah di akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 21 Mei 2023 serta video sambutan Presiden Jokowi saat upacara peringatan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023 yang diliput secara langsung di akun Youtube Sekretariat Presiden.

Tidak ada informasi valid mengenai Jusuf Kalla yang terbukti menguras kas negara sebesar 2,2 triliun sehingga Jokowi menempuh jalur hukum dengan melaporkan Jusuf Kalla seperti yang disampaikan dalam video.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=jqOoPSy6djw
https://www.youtube.com/watch?v=V02xP4kXPwY
https://www.youtube.com/watch?v=mV_QRwYMwJQ
https://www.youtube.com/watch?v=hiAywDNf95s