[SALAH] ANIES POSITIF GAGAL NYAPRES, 120.000 KADER NASDEM INDRAMAYU, RAMAI-RAMAI TUNTUT INI

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ada informasi valid mengenai Anies Baswedan yang mengundurkan diri sebagai calon presiden pada pemilu 2024 mendatang.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1686718839.516994/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
(“NASDEM DI INDRAMAYU PECAH”) NGERI.. Nama Anies & 3,5 Milyar Di Sebut-sebut..

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube KABAR POLITIK mengunggah video dengan judul: (“NASDEM DI INDRAMAYU PECAH”) NGERI.. Nama Anies & 3,5 Milyar Di Sebut-sebut.. pada tanggal 13 Juni 2023. Video tersebut menunjukkan tumbnail dengan gambar keramaian orang-orang yang mengenakan baju berwarna biru serta gambar Anies Baswedan yang terbakar dengan narasi yang bertuliskan: “ANIES POSITIF GAGAL NYAPRES, 120.000 KADER NASDEM INDRAMAYU, RAMAI-RAMAI TUNTUT INI”.

Video pertama yang dicuplik adalah video liputan Official iNews yang diunggah di akun Youtubenya pada tanggal 13 Juni 2023 dengan judul: “Kecewa Nomor Urut Pencalegan, Ratusan Kader Nasdem Indramayu Mundur Pilih Gabung Partai Perindo”.

Video kedua yang dicuplik adalah video kegiatan peringatan hari jadi Partai NasDem yang ke-11 yang diunggah di akun Youtube METRO TV pada tanggal 11 November 2022 dengan judul: “[FULL] PIDATO SURYA PALOH DALAM HUT PARTAI NASDEM (IT’S TIME! RESTORASI INDONESIA)”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa gambar tumbnail yang ditampilkan adalah hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ada informasi valid mengenai Anies Baswedan yang mengundurkan diri sebagai calon presiden pada pemilu 2024 mendatang.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=C0nuzWvlIeg
https://www.youtube.com/watch?v=PnasNhcq8X0