[SALAH] Jalanan di Tegal Ambles Akibat Gubernurnya Tidak Becus

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, video jalanan ambles tersebut merupakan video yang diambil pada tahun 2021. Merupakan jalanan provinsi yang menghubungkan Tegal-Brebes, jalan ini rusak akibat gorong-gorong yang ambles karena tidak mampu menampung debit air dari alur kaliwadas.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]:

https://archive.fo/NkB7A

https://web.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3727823534112086/

=====

[NARASI]:

“Gubernurnya maniak lobang , yo bgini jadinya

korup ga becus kerja.”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang menunjukkan jalanan ambles di Tegal, Jawa Tengah, dengan lubang yang cukup besar. Di dalam video tersebut tampak kerumunan warga yang melihat jalanan ambles tersebut. Pada narasinya, akun Facebook dengan nama Martin Lee ini juga menambahkan bahwa jalanan ambles tersebut merupakan hasil dari gubernur yang tidak becus.

Namun setelah dilakukan penelusuran, diketahui ternyata video tersebut merupakan video jalanan ambles yang terdapat di jalan provinsi yang menghubungkan Brebes-Tegal, Kaliwadas, Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Video ini sempat viral di media sosial, setelah beredar pada bulan Februari tahun 2021 lalu.

Rusaknya jalanan hingga mengakibatkan adanya lubang besar, disebabkan karena amblesnya gorong-gorong akibat tidak mampu menampung besarnya debit air setelah hujan deras dari alur kaliwadas. Melansir dari laman HUMAS Jateng, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan bahwa usai kejadian, petugas langsung datang ke lokasi dan mempersiapkan perbaikan.

“Sudah, sudah diperbaiki semuanya. Saya upload terus di media sosial saya, semuanya progres itu. Kemarin langsung sudah dibuat gorong-gorong, mudah-mudahan minggu ini selesai,” kata Ganjar ditemui usai menerima kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI di Gradhika Bhakti Praja, Senin (15/2/2021).

Jadi dapat disimpulkan bahwa video yang kembali beredar di media sosial, yang menunjukkan jalanan ambles di Tegal, Jawa Tengah, merupakan video hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

REFERENSI:

https://humas.jatengprov.go.id/detail_berita_gubernur?id=4935

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5372954/viral-lubang-menganga-di-jalan-penghubung-brebes-tegal