[SALAH] Hary Tanoesoedibjo Perintahkan Karyawan MNC TV Dukung Anies di Pemilu 2024

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya sampai saat ini, Hary Tanoesoedibjo selaku pemilik MNC TV dan juga pemimpin Partai Perindo belum mengumumkan bakal calon presiden yang akan maju di Pemilu 2024.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK dan YOUTUBE

archive.fo/O3Vjf

https://web.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3720531591507947/

https://youtu.be/hA5Gfv504H0

=====

[NARASI]:

“Alkhamdullilah walaupun setiap hari jd bulan bulanan si bokep bersama buzzernya namun di luar sana banyak orang orang cerdas yg mendukungnya termasuk yg haritanu selamat bergabung bersama perubahan bangsa Indonesia pak”

“SUNGGUH TAK TERDUGA

IKUTI JEJAK RAFI AHMAD

PEMILIK MNC TV PERINTAHKAN KARYAWAN PILIH ANIES 2024”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, yang mana menyiarkan informasi tentang Hary Tanoesoedibjo yang mendukung Anies Baswedan dalam Pemilu 2024. Terlihat pula pada video Youtube yang ditautkan pada unggahan, bahwa sebagai pemilik MNC TV, Hary Tanoesoedibjo memerintahkan karyawannya untuk memilih Anies Baswedan pada Pemilu 2024 mendatang. Video Youtube ini setidaknya telah ditonton sebanyak 140 ribu kali sejak diunggah pada 12 Mei 2023 lalu.

Namun setelah melakukan penelusuran, tidak dapat ditemukan keterangan resmi dari pihak MNC TV ataupun karyawan mengenai kebenaran informasi ini. Selain itu tidak ada pula ditemukan referensi yang mendukung kebenaran tentang Hary Tanoesoedibjo memerintahkan karyawannya untuk memilih Anies Baswedan pada Pemilu 2024 mendatang.

Selanjutnya, jika memeriksa video Youtube yang ditautkan pada unggahan Facebook tersebut, tidak ada disebutkan hal seperti yang tertera pada judul video, yaitu bahwa Hary Tanoesoedibjo memerintahkan karyawannya untuk memilih Anies Baswedan di Pemilu 2024. Video ternyata menjelaskan mengenai dukungan dari Hary Tanoesoedibjo selaku pemimpin Partai Perindo, yang mendukung Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada tahun 2017 lalu. Dari pencarian dengan menggunakan Google Search Image, potongan-potangan video dan hasil wawancara dari Hary Tanoesoedibjo yang ada di dalam video Youtube ini ternyata merupakan wawancara dengan Hary Tanoesoedibjo saat ditemui di kediamannya pada Maret 2017 lalu.

“Tentunya untuk mendukung, itu kan bukan masalah suka tidak suka. Untuk mendukung itu kan harus betul jelas dan mantap. Jadi, setelah kami betul-betul matangkan ke dalam dan di dalam partai di DPP bahwa kebutuhan pemimpin di Jakarta itu apa saja. Kemudian kami bikin check list-nya, daftarnya. Akhirnya ya keputusan itu jatuh pada pasangan calon nomor urut 3,” ujar Hary Tanoesoedibjo, dilansir dari detik.com (8/3/2017).

“Kita butuh pemimpin yang bisa berdiri di tengah dari semua dan tentunya dari semua kalangan, golongan, agama, etnis, suku, status sosial, apa pun. Kemudian pemimpin yang tidak hanya membangun, tapi juga menata Jakarta. Khususnya juga menata masyarakat kecil, tidak menertibkan saja, tapi memberikan solusi bagaimana mereka secara kesejahteraan bisa meningkat,” tambahnya.

Saat ini Anies Baswedan telah diusung oleh Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Namun Perindo sebagai salah satu partai di Indonesia, sampai saat ini belum mengusung ataupun mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden yang akan maju di Pemilu 2024 nanti.

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyebutkan bahwa Hary Tanoesoedibjo selaku pemilik MNC TV dan selaku pemimpin Partai Perindo memerintahkan karyawannya untuk memilih Anies Baswedan di Pemilu 2024, merupakan informasi hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita/d-3441986/bertemu-ht-anies-sandi-dapat-dukungan-perindo-di-putaran-2

https://nasional.tempo.co/read/1706658/koalisi-perubahan-resmi-dibentuk-usung-anies-baswedan-capres-2024