[SALAH] PENCULIKAN ANAK DI JALAN BROMO KOTA MEDAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya anak itu tidak diculik melainkan bersama neneknya. Peristiwa tersebut terjadi karena kesalahpahaman dari orang tua anak tersebut.

=====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1682684184.579712/singlefile.html (Instagram)

=====

[NARASI]: PENCULIKAN ANAK DI BROMO BARUSAN’..ANAKNYA LG DIPANGKU MAMAKNYA’…LALU TIBA2 DATANG 2 ORANG NAIK KERETA’…LANGSUNG ANAKNYA DITARIK DAN DIBAWA KABUR’….HATI2 YA JAGA ANAK2 KITA.

PENCULIKAN ANAK DI JALAN BROMO?

====

[PENJELASAN]:
Beredar video dari akun instagram suarakyatkotamedan.official berisi klaim penculikan anak di Jalan Bromo, Kota Medan. Video tersebut diunggah pada 22 Februari 2023.

Melansir tempo.co, Klaim tersebut didasarkan pada kesalahpahaman oleh orang tua anak. Membandingkan berbagai pemberitaan di Kota Medan pada Februari 2023, dugaan penculikan anak di Jalan Bromo tidak benar.

Melalui wawancara dengan warga sekitar, detik.com mendapat informasi bahwa peristiwa salah paham tersebut terjadi di jalan Bromo, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Awalnya anak itu dititipkan oleh ibunya kepada seorang wanita kenalannya karena hendak pergi.

Setelah kembali ibu tersebut kebingungan karena anaknya sudah tidak bersama wanita yang dititipinya tadi, ibu tersebut berteriak histeris dan menuduh wanita tersebut sebagai penculik.

Teriakan dari sang ibu memicu warga sekitar lokasi melakukan intimidasi dan menampar wanita yang dituduh sebagai penculik tersebut. Peristiwa berakhir setelah ada keluarga dari ibu yang menitipkan anaknya datang dan menjelaskan bahwa anaknya tidak diculik melainkan bersama neneknya.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa terjadi penculikan anak di Jalan Bromo, Kota Medan adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2246/keliru-video-yang-diklaim-penculikan-anak-di-jalan-bromo-kota-medan

https://www.detik.com/sumut/hukum-dan-kriminal/d-6582548/heboh-kabar-penculikan-anak-di-medan-denai-begini-faktanya