[SALAH] Foto “PAMIT MUNDUR DARI KABINET KERJA!! DIAM-DIAM PRABOWO TIKAM JOKOWI DARI BELAKANG”

FOTO EDITAN. Foto di video itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika Presiden Joko Widodo mengangkat Muhammad Sirajuddin Syamsuddin menjadi Utusan Khusus Presiden pada 23 Oktober 2017.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Golliat (fb.com/Golliat456) pada 1 Mei 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan narasi:

“Tak Tau Berterimakasih !! Pam1t Mundur Dari Kab1net Kerja..D1amΒ² Si W0wo T1k4m Jok0wi Dari Belakang”

Sumber: archive.ph/vQarg (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diklaim sebagai mundurnya Prabowo dari Kabinet Kerja merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktnya, foto di video itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika Presiden Joko Widodo mengangkat Muhammad Sirajuddin Syamsuddin menjadi Utusan Khusus Presiden pada 23 Oktober 2017.

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Jokowi Angkat Din Syamsuddin Jadi Utusan Khusus Presiden” yang terbit di situs Kompas pada 23 Oktober 2017. Foto ini diberi keterangan “Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Mensesneg Pratikno (kiri) mempersilakan mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin (kanan) menyampaikan keterangan mengenai penunjukan dirinya sebagai utusan khusus presiden, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/10/2017). Presiden Joko Widodo mengangkat Din Syamsuddin sebagai utusan khusus presiden untuk dialog dan kerja sama antaragama dan peradaban.(ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI)”

Selain itu, sampai saat ini tidak ditemukan informasi yang valid terkait mundurnya Prabowo dari Kabinet Kerja.

REFERENSI
https://nasional.kompas.com/read/2017/10/23/17552441/jokowi-angkat-din-syamsuddin-jadi-utusan-khusus-presiden

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo