[SALAH] Foto “UPDATE TERKINI, AKHIRNYA AHOK KEMBALI KE DKI”

FOTO EDITAN. Foto di video itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika Ahok di Monas pada tahun 2017. Di foto asli tidak ada Presiden Joko Widodo.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Golliat (fb.com/Golliat456) pada 1 Mei 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan berdampingan dengan narasi:

“Vira1 ~ Meng3jutkan Ah0k Ke Dk1, Keputusan Bulat Presiden Bikin Barisan Sak1t Hat1 Ket4kutan”

Sumber: archive.ph/hossz (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan berdampingan yang diklaim bahwa Ahok kembali ke DKI Jakarta karena keputusan bulat Presiden Jokowi merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto di video itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika Ahok di Monas pada tahun 2017. Di foto asli tidak ada Presiden Joko Widodo.

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Jelang Pencoblosan, Ahok: Surveinya Naik-Turun” yang dimuat di situs Detikcom pada 18 April 2017. Foto ini diberi keterangan “Ahok saat di Monas (Grandyos Zafna/detikcom)”

REFERENSI
https://news.detik.com/berita/d-3478005/jelang-pencoblosan-ahok-surveinya-naik-turun

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo