[SALAH] WANITA HINDU HENTIKAN SALAT IDUL FITRI DI MASJID ADAM AMERIKA SERIKAT

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya pihak Adams Center sudah mengklarifikasi bahwa wanita tersebut beragama Islam dan sedang mengalami masalah kesehatan mental.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1682668132.690451/singlefile.html (Facebook)

=======

[NARASI]: Seorang wanita Hindu memasuki Masjid Adam di negara bagian Virginia AS (berdiri di mimbar khatib), ingin menghentikan shalat Idul Fitri. Polisi lansg turun tangan, menangkapnya, dan membawanya keluar dari masjid secara paksa

=======

[PENJELASAN]:
Beredar video dari akun facebook Rassah Maydo yang menampilkan seorang wanita berdiri diatas mimbar masjid dan tampak tiga laki-laki menarik keluar wanita tersebut dengan narasi yang mengklaim bahwa seorang wanita Hindu menghentikan salat Idul Fitri di Masjid Adam Amerika Serikat.

Melansir tempo.co, ditemukan informasi dari website resmi Adams Center bahwa wanita tersebut beragama Islam dan sedang mengalami masalah kesehatan mental. Peristiwa tersebut benar terjadi di Masjid Adams, Virginia.

Melalui instagram resmi @adams.center, pihak Adams Center mengatakan peristiwa itu terjadi saat digelarnya salat Idul Fitri pada Jumat, 21 April 2023. Mereka menjelaskan bahwa wanita tersebut dan keluarganya sedang berjuang dengan kesehatan mental yang dalaminya.

Pihak Adams Center juga telah bertemu dengan keluarga wanita tersebut dan memberi mereka bantuan untuk menangani masalah kesehatan mentalnya. Untuk menghindari masalah lebih lanjut bagi wanita tersebut dan keluarganya, Adams Center meminta agar video tersebut dihapus dari media sosial.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa seorang wanita Hindu menghentikan salat Idul Fitri di Masjid Adam Amerika Serikat adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2244/menyesatkan-video-berisi-klaim-wanita-hindu-setop-salat-idul-fitri-masjid-adams-di-amerika-serikat

https://www.instagram.com/p/CrV0thmMk1d/