[SALAH] Detik-detik Tim Gabungan Kepung Rumah Sri Mulyani Buntut Transaksi Rp349Triliun

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya narator dalam video tidak menyebut penangkapan Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Narator hanya membacakan artikel dari Pikiran Rakyat mengenai perseteruan Mahfud MD dan Sri Mulyani, tidak membahas detik-detik penangkapan Sri Mulyani. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/K8Upy

= = =

Narasi:

“D3TIK² TIM GABUNGAN K€PUNG RUMAH SRI MULTANI BVNTUT TRANSAKSI 349 T. PETUGAS T3MUKAN INI”

“DIKEPUNG TIM GABUNGAN DETIK2 SRI MULTANI DIJEMPUT PAKSA BUNTUT GELAPKAN 349 T”

= = =

Penjelasan:

Video di Facebook dengan judul dan narasi pada gambar thumbnail yang mengklaim bahwa rumah Sri Mulyani dikepung tim gabungan untuk dijemput paksa akibat dari penggelapan dana sebesar Rp349Triliun.

Setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber pemberitaan yang valid terkait penangkapan Sri Mulyani di rumahnya tersebut. Isi narator dalam video tersebut hanya membacakan tulisan artikel yang dipublikasi oleh Pikiran Rakyat yang membahas mengenai perseteruan Mahfud MD dan Sri Mulyani. Meskipun judul dan narasi pada gambar thumbnail mengklaim bahwa Sri Mulyani dijemput paksa, namun narator dalam video tersebut tidak membahas terkait penjemputan paksa tersebut.

Dengan demikian, tim gabungan kepung rumah Sri Mulyani buntut transaksi Rp349Triliun  adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/17/144324882/hoaks-sri-mulyani-dijemput-paksa-karena-gelapkan-uang-rp-349-triliun?page=all#page2

https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-016546673/anggota-dpr-dugaan-skandal-rp349-triliun-adalah-perseteruan-mahfud-md-vs-sri-mulyani

===