[SALAH] Foto “TERBUKTI K0RUPSI, KADINKES LAMPUNG BERHASIL DI AMANKAN”

BUKAN penangkapan Kadinkes Lampung. Foto di video itu adalah foto hasil manipulasi dari foto ketika tersangka AK (45), otak pembunuhan terhadap suami dan anak tirinya, digiring sejumlah anggota polisi di Polres Sukabumi Jawa Barat, pada Rabu, 28 Agustus 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Seputar nusantara (fb.com/Seputarnusantara2024) pada 25 April 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto seorang wanita mengenakan baju orange dengan narasi:

“ALHAMDULILLAH GERAK CEPAT KPK BERBUAH MANIS, TERBUKTI K0RUPSI, KADINKES LAMPUNG BERHASIL DI AMANKAN”

Sumber: archive.ph/l71PT (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto seorang wanita mengenakan baju orange yang diklaim sebagai penangkapan Kadinkes Lampung Reihana Wijayanto merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, bukan penangkapan Kadinkes Lampung. Foto di video itu adalah foto hasil manipulasi dari foto ketika tersangka AK (45), otak pembunuhan terhadap suami dan anak tirinya, digiring sejumlah anggota polisi di Polres Sukabumi Jawa Barat, pada Rabu, 28 Agustus 2019.

Foto yang asli, salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Terlilit Utang Rp 10 M hingga Bakar Jasad Suami, Aulia: Saya Ingin Bunuh Diri Saja” yang terbit di situs Kompas.com pada 30 Agustus 2019.

Dilansir dari artikel ini, tersangka Aulia Kesuma alias AK, merupakan otak pembunuhan terhadap suaminya, Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili (54) dan anak tirinya, M Adi Pradana alias Dana (23). Aulia menyewa dua orang pembunuh bayaran berinisial S dan A untuk menghabisi nyawa suami dan anak tirinya itu karena terlilit utang.

REFERENSI
https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/30/14184291/terlilit-utang-rp-10-m-hingga-bakar-jasad-suami-aulia-saya-ingin-bunuh

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo