[SALAH] Indonesia Datangkan Sistem Pertahanan Aster 15 untuk Ibu Kota Baru

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai kedatangan Aster 15 untuk Indonesia. Narasi dalam video hanya menjelaskan mengenai spesifikasi rudal pertahanan udara buatan Prancis tersebut.

=====

[KATEGORI]: Koneksi yang Salah

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1679753857.477634/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “GEGERKAN PUBLIK !! INDONESIA TAK MAIN MAIN DATANGKAN SISTEM PERTAHANAN CANGGIH PENJAGA IBU KOTA BARU”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Lore Militer membagikan video dengan klaim Indonesia menggegerkan publik karena mendatangkan sistem pertahanan canggih untuk Ibu Kota Baru. Sistem pertahanan yang disebut canggih tersebut adalah Aster 15.

Namun jika menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang disebutkan pada klaim video. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel Zona Jakarta yang diunggah pada 18 Maret 2023 dengan judul “Aster 15 Ternyata Lebih Canggih dari Sistem Pertahanan Udara NASAMS 2 Indonesia, Ini Dia Spesifikasinya”.

Dalam artikel tersebut menjelaskan spesifikasi Aster 15 yang merupakan rudal buatan perusahaan MBDA Prancis yang dispesialisasikan untuk pertahanan udara. Saat ini Aster 15 sudah digunakan sembilan negara besar, termasuk Singapura.

Mengutip artikel yang sama, ada dugaan jika Indonesia berpeluang mendapatkan Aster 15 dan bisa digunakan di kapal perang Fregat FREMM milik TNI AL. Namun hingga saat ini belum ada konfirmasi baik dari TNI AL ataupun media kredibel mengenai kedatangan Aster 15 untuk ibu kota baru Indonesia.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.zonajakarta.com/teknologi/6738097228/aster-15-ternyata-lebih-canggih-dari-sistem-pertahanan-udara-nasams-2-indonesia-ini-dia-spesifikasinya
– https://international.sindonews.com/read/814693/41/spesifikasi-fregat-fremm-kapal-perang-buatan-italia-yang-akan-digunakan-tni-al-1656673656