[SALAH] Ketua LPSK Ditangkap KPK Akibat Terima Suap Kasus Bharada E

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai penangkapan Ketua LPSK oleh KPK terkait kasus Bharada E. Narasi pada video hanya membacakan hasil periksa fakta narasi serupa yang pernah beredar.

=====

[KATEGORI]: Koneksi yang Salah

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1679753267.766672/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “MENGEJUTKAN || KETUA LPSK DI CIDUK GEGARA TERIMA SUAP KASUS BAHARADA E.”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar video dengan klaim yang menyebut Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hasto Atmojo Suroyo, ditangkap KPK akibat menerima suap atas kasus Bharada E.

Namun setelah menonton keseluruhan video, narasi yang dibacakan pada video tersebut justru identik dengan artikel yang diunggah Ayo Jakarta pada 17 Maret 2023 dengan judul “Breaking News! Ketua LPSK Diperiksa KPK Akibat Terima Suap Ferdy Sambo? Begini Kejadian dan Faktanya!”

Artikel tersebut merupakan hasil periksa fakta dari video dengan klaim Ferdy Sambo pernah mencoba menyogok petugas LPSK dengan segepok uang dalam dalam amplop coklat.

KPK bahkan langsung meminta klarifikasi kepada LPSK pada Agustus tahun lalu. Namun, KPK tidak menemukan data-data dan informasi pendukung mengenai adanya tindak pidana. Selain itu, dari pihak LPSK sebagai pihak yang mengungkapkan adanya upaya percobaan suap melalui pemberian amplop tidak bisa membuktikan adanya dugaan korupsi.

Dikutip dari Kompas, KPK menyatakan telah menghentikan pengusutan dugaan upaya suap Ferdy Sambo kepada staf LPSK pada Januari lalu.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.ayojakarta.com/news/768038370/breaking-news-ketua-lpsk-diperiksa-kpk-akibat-terima-suap-ferdy-sambo-begini-kejadian-dan-faktanya?page=2
– https://news.detik.com/berita/d-6248483/lpsk-cerita-saat-diverifikasi-kpk-soal-dugaan-suap-ferdy-sambo?single=1
– https://nasional.kompas.com/read/2023/01/18/20564141/kpk-hentikan-pengusutan-dugaan-suap-ferdy-sambo-ke-staf-lpsk